PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM WIRACARITA MAHĀBHĀRATA SEBAGAI PEDOMAN GURU AGAMA HINDU DALAM MENGEMBANGKAN SISWA YANG BERKUALITAS
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v4i1.3235Kata Kunci:
Profil Pelajar Pancasila, Wiracarita Mahābhārata, Guru Agama Hindu.Abstrak
Profil Pelajar Pancasila merupakan sebuah program yang bertujuan mengembangkan kualitas siswa Indonesia berbasis nilai luhur Pancasila. Namun dari sisi praktisnya, belum tersedianya refleksi Profil Pelajar Pancasila yang konkret untuk guru Agama Hindu, menjadi sebuah masalah yang perlu diselesaikan. Wiracarita Mahābhārata sebagai kisah agung di dunia, menjadi salah satu solusi untuk memperoleh refleksi Profil Pelajar Pancasila secara kontekstual. Atas dasar tersebut, peneliti dalam penelitian ini tertarik untuk mengkaji enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yang ada di dalam wiracarita Mahābhārata. Rumusan masalah dari topik ini antara lain: hakikat wiracarita Mahābhārata, esensi dalam enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, serta Pedoman Profil Pelajar Pancasila dalam wiracarita Mahābhārata. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, dan dengan pendekatan studi kepustakaan. Data yang telah diperoleh, diolah secara lebih lanjut menggunakan metode analisis data dari Miles dan Huberman. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa, beberapa karakter tokoh dan kisah dalam Mahābhārata, mampu memberikan refleksi Profil Pelajar Pancasila yang bisa dijadikan pedoman oleh guru Agama Hindu dalam mengembangkan siswa yang berkualitas.
Referensi
Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian Karakter Tokoh Pandawa dalam Kisah Mahabharata Diselaraskan dengan Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-623.
Damayanti, V. V. W. (2018). Relasi Mahabharata dengan Praktik Poligami yang Berkembang pada Masyarakat Jawa. Jurnal Pena Indonesia, 4(1), 24-39.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi.
Idntimes.com, (2023). Peringkat Sistem Pendidikan Dunia 2023, Indonesia Ranking Berapa?. [Online]. Available at: https://www.idntimes.com/life/education/amp/nisa-zarawaki/peringkat-pendidikan-dunia2023. [Diakses: 21 Maret 2023].
Irawati, D. dkk. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 5(2), 138-151.
Kurniastuti, R. dkk. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 1(1), 287-293.
Nurlensi. (2017). Pendidikan dan Nilai Nilai Moralitas dalam Ajaran Mahabharata bagi Umat Hindu. Jurnal Bawi Ayah, 8(1), 22-32.
Rusnaini dkk. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.
Saidurrahman, K.H, dan Arifiansyah, H. 2020. Pancasila Moderasi Negara dan Agama sebagai Landasan Moral Bangsa. Jakarta: Kencana.
Sartini dan Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1348-1363.
Sudirga, Ida Bagus, dan Segara, I Nyoman Yoga. 2017. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas X (Cetakan ke-3). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suwendri, N. M. dan Sukiani, N. K. (2020). Penyimpangan Perilaku Remaja di Perkotaan. Kulturistik: Jurnal Bahasa dan Agama, 4(2), 51-59.
Titib, I Made. 2008. Itihāsa Ramāyāna & Mahābhārata (Viracarita) Kajian Kritis Sumber Ajaran Hindu. Surabaya: Paramita.
Warsono. (2022). Pendidikan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Proceedings Membangun Karakter dan Budaya Literasi dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD, 1(1), 631-640.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.