PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDIPEKERTI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 BATUAGUNG TAHUN PELAJARAN 2024 / 2025
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v5i2.4295Kata Kunci:
pendidikan agama hindu, PembelajaranAbstrak
Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang membuat peserta didik berfikir secara aktif sehingga bisa mengembangkan potensi dirinya. Salah satu upaya yang dilaksanakan guru dalam peningkatan mutu pembelajaran yakni dalam penyusunan macam- macam skenario dan metode aktivitas pembelajaran di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu danBudi Pekerti siswa kelas V SD Negeri 6 Batuagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025 melalui Penerapan Model PBL.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Batuagung berjumlah 15 siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data hasil belajar siswa di peroleh melalui tes tertulis yang dilakukanpada akhir pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikumpulkan dan dianalisis untuk menghitung ketuntasan hasil belajar secara klasikal dan rata-rata kelas.
Hasil penelitian dengan Penerapan Model PBL dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas V SD Negeri 6 Batuagung berdasarkan analisis data yang diuraikan , dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Batuagung dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti pada siklus I hasilnya berada pada kategori Sedang dengan hasil persentase sebesar 73,33%. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 86,67% yang berada pada kategori Baik. Ketuntasan hasil belajar dari siklus I dan siklus II terdapat peningkatan sebesar 14,55%. Dengan demikian, Penerapan medel Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti pada siswakelas V SD Negeri 6 Batuagung Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Model PBL dan Hasil Belajar Siswa
Referensi
Agung, A.A. Gede. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.
Agung. 2010. "Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK)". Makalah disajikan dalam Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja 27 September 2010.
Albi anggito,dkk. Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Jawa Barat: Jejak,2018), hal 46
Ali Mudlofir, Evi Fatimatur Rusdiyah. 2017.Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hal 72
Asih Wisudawati dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta :Bumi Aksara. Hal 89
Depdiknas.2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB).vJakarta: Depdiknas.
Hassoubh, Z.I. 2004. Developing Creative and Critical Thingking, Cara Berfikir Kreatifdan Kritis.
Bandung : Nuansa. Hal 44
Muhammad Yaumi, “Media dan Tekhnologi Pembelajaran” (Jakarta: Prenadamedia Group,2018), hal.7-8.
Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan.Jakarta:Kencana.vHal 228
Nurhadi. 2006. Pendekatan Kontekstual (Contekstul Teaching and Learning). Jakarta:.
Depdiknas. Hal 23
Pudja, Gede. 1985. Pengantar Agama Hindu, Jakarta : Balai Pustaka
Purwanto, M. Ngalimin. 2000. Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.Purwrdarminta, WJS. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam . Jakarta: Kalam Mulia. Hal 240
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta:Rajawali Pers. Hal. 229
Sardiman. AM. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja GrafindoPersada. Seifert, Kelin. 2007. Pembelajaran&InstruksiPendidikan. Jogjakarta: IRCiSoD.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press. Hal 80-81
Sugiyanto. 2010. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Yuma Pustaka.Tarjo. Metode Peneltian (.Yogyakarta: Budi Utama,2019), hal.45
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Hal 67-68
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka. Hal 85-86
Wardani, I.G.A.K, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. Zubaedi. 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.