PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SD NEGERI 1 BELIMBING
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v3i1.2159Kata Kunci:
Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Pendidikan Agama HinduAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu di SDN 1 Belimbing. Pembelajaran daring merupakan bentuk penyampaian pembelajaran konvensional yang dituangkan pada format digital melalui jaringan internet. Pembelajaran daring dianggap menjadi satu-satunya media penyampaian materi antara guru dan siswa dalam masa darurat pandemi Covid-19. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran daring yaitu berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu. Sehubungan dengan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu di SDN 1 Belimbing, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu di SDN 1 Belimbing, 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu di SDN 1 Belimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tenik wawancara untuk memperoleh data tentang kegiatan pembelajaran pada saat pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 1 Belimbing dapat berjalan dengan baik dan lancar walaupun ada beberapa kendala keterbatasan fasilitas pendukung pembelajaran seperti ketiadaan gawai dan keterbatasan kuota internet yang digunakan dalam pembelajaran daring. Kunci keberhasilan pembelajaran daring terletak pada kreatifitas guru dalam membuat model pembelajaran yang bervariatif agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa tidak merasa jenuh meskipun belajar dari rumah, serta dibutuhkan komunikasi dan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa agar hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat lebih meningkat.