IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 3 DENPASAR

Penulis

  • Putu Andree Kusuma Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Kadek Aria Prima Dewi PF Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Putu Agus Aryatnaya Giri Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v4i1.3232

Kata Kunci:

: Implementation of the Emergency Curriculum, Hindu Religion and Manners Education.

Abstrak

Kurikulum Darurat merupakan kurikulum yang telah diterapkan di SMA Negeri 3 Denpasar, suatu kembangan Kurikulum Nasional 2013 di tengah pandemi COVID-19 sehingga sebagai suatu kurikulum pengembangan yang sudah diterapkan di sekolah, perlu dikaji dalam penelitian agar dapat dipahami bagi guru Agama Hindu dan Budi Pekerti dan khalayak umum yang dapat dirumuskan menjadi : (1) Bagaimana implementasi Kurikulum Darurat pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Denpasar?, (2) Kendala apa saja yang dialami pendidik dalam implementasi Kurikulum Darurat pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Denpasar?, (3) Bagaimana implikasi dari implementasi Kurikulum Darurat pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Denpasar?. Tujuan dari penelitian ini yakni : (1) Mendeskripsikan implementasi Kurikulum Darurat pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Denpasar. (2) Menemukan kendala dari implementasi Kurikulum Darurat yang dialami oleh pendidik pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Denpasar. (3) Menganalisis implikasi dari implementasi Kurikulum Darurat pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Denpasar. Teori yang digunakan untuk membedah permasalahan adalah : Teori pengembangan kurikulum Tyler dan teori konstruktivisme Piaget. Jenis penelitian kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder, teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, metode pengumpulan data observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi kepustakaan, serta menggunakan analisis data deskriptif kualitatif eksploratif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Kurikulum Darurat pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Denpasar meliputi (1) Perencanaan Pembelajaran, (2) Pelaksanaan Pembelajaran, (3) Evaluasi Pembelajaran. Kendala-kendala yang dialami guru dalam implementasi Kurikulum Darurat pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Denpasar adalah (1) Penilaian Sikap Spiritual Sosial pada KBM di Dalam Kelas, (2) Alokasi Waktu. Implikasi dari implementasi Kurikulum Darurat pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti adalah (1) Implikasi terhadap kinerja pendidik Agama Hindu dan Budi Pekerti, (2) Implikasi terhadap Sikap Perilaku Peserta Didik, (3) Implikasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.

Referensi

Aida, N. (2020). Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat. Diambil 6November 2021,darihttps://www.kompas.com/tren/read/2020/08/27/mendikbudterbitkan-kurikulum-darurat-ini-link-untuk-mengaksesnya?page=2

Kemendikbud. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Diambil dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Kemendikbud, P. (2021). Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)–Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285–291.

Piaget, J. (1976). Piaget’s Theory. In Piaget and his school (hal. 11–23). Springer.

Susilo, dkk. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67.

Sutriyanti, N. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Tingkat Sekolah Dasar di Kota Denpasar. VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama, 3(1).

Tyler, R. (1975). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press

Unduhan

Diterbitkan

01.05.2023

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 59 times