PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA TAHUN 2021/2022

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA TAHUN 2021/2022

Penulis

  • Ni Luh Putu Eka Yunistin SMA Negeri 1 Way Jepara
  • I Nengah Maharta STAH Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v5i2.4315

Abstrak

Rendahnya hasil belajar dapat di sebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran di kelas. Rendahnya hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di tandai dengan tidak tuntasnya nilai ulangan harian dibawah KKM yaitu 60% atau dari 12 siswa yang belum tuntas. Metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru hanya sebatas ceramah saja, hal ini juga mengakibatkan kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan kebanyakan siswa cenderung pasif dan hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut “Apakah penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri Way Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022” tujuan dari penelitian ini yaitu memberi arahan yang jelas berdasarkan rumusan masalah dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam memperbaiki pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Way Jepara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan menggunakan model Problem Based Learning(PBL). Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Pembelajaran di lakukan dengan 2 siklus selama 4 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan,pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa, observasi aktivitas guru, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat yaitu sebanyak 8 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 80, tes di lanjutkan kembali pada siklus II dengan sedikit perbaikan di dapat kembali hasil belajar siswa pada siklus II meningkat, sebanyak 10 siswa memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 90. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut; Penerapan model Problem Based Learning(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu kelas IV. ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diketahui pada pretest sebesar 41,66% dan post test sebesar 66,6%, dan mengalami kenaikan pada siklus II preetest sebesar 81,6% dan post test sebesar 83,3%. Jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 16,7%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan hasil belajar siswa, karena pada akhir siklus telah mencapai sesuai target yang ditentukan yaitu 75%.

Referensi

Abdul Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Abuddin Nata. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Asep Herry Hernawan. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta, 2009. Elis Ratnawulan.et.al. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

M.Hosnan. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 (kunci sukses Implementasi kurikulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Made Wena. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta:Bumi Aksara, 2012.

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya, 2011.

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. Konsep strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2012.

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Rostina Sundayana. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Rusman. Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Sapriya. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Jakarta: CV. Alfabeta, 2009.

- -. Metodologi Penelitian. Bandung:alfabeta 2009.

-----------. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta, 2009

Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Suharsimi Arikunto et.al. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

-----------. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Syaiful bahri Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Tusriyanto. Pendidikan Agama Hindu (IPS) 1. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja(AURA), 2013.

Warsono Dan Hariyanto. Pembelajaran Aktif: Teori Dan Asasmen. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter (KONSEPSI Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Kencana media group, 2011.

Unduhan

Diterbitkan

01.11.2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 46 times