A IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI KELAS X SMK NEGERI 1 KLUNGKUNG

Penulis

  • Ni Ketut Widiasih SMP Negeri 1 Dawan

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v6i1.5098

Kata Kunci:

Kearifan Lokal, Keterampilan Mengajar, Pembelajaran Reflektif, Pendidikan Guru, Tri Hita Karana.

Abstrak

Full day school adalah program yang mewajibkan setiap sekolah untuk mengadakan kegiatan
belajar mengajar selama lima hari dan berlangsung selama 8 jam. SMK Negeri 1 Klungkung telah
mengimplementasikan sistem full day school, partisipasi dari orang tua siswa, siswa, pegawai, guru,
dan fasilitas sekolah yang mendukung, serta kesanggupan pada pihak sekolah dalam implementasi full
day school ini agar terlaksana dengan lancar. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1)
implementasi full day school dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di kelas
X SMK Negeri 1 Klungkung, (2) Kendala dari implementasi full day school dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di kelas X SMK Negeri 1 Klungkung dan upaya untuk
mengatasi kendala tersebut, (3) Dampak dari implementasi full day school dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di kelas X SMK Negeri 1 Klungkung.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang
digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pada teknik penentuan informan dalam penelitian ini
yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara,
dokumentasi, dan studi kepustakaan dan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan
metode fenomenologi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) ) Implementasi Full Day School
Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di Kelas X SMK Negeri 1 Klungkung
dilaksanakan oleh guru menyesuaian dengan kondisi kelas, siswa dan kemampuan guru sehingga
pembelajaran terlaksana dengan efektif sehingga siswa tidak bosan untuk belajar di kelas. (2) Kendala
Kendala dari implementasi full day school dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi
Pekerti di kelas X SMK Negeri 1 Klungkung yaitu: faktor internal dan faktor eksternal, (3) Dampak
dari implementasi full day school dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di
kelas X SMK Negeri 1 Klungkung yaitu: Dampak positif dan dampak negatif.
Kata Kunci: Implementasi, full day school, Pendidikan Agama Hindu

Referensi

Abd Rahman BP dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan: Jurnal Al Urwatul Wutsqa, Vol. 2 No 1

Achmad Zulfikar Siregar.2021. Manajemen Full Day School di SMA As Safi’iyah Medan. ALACRITY : Journal Of Education.Vol.1. No 3.

Ahmadi, Ruslam. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Manguwoharjo: ArRuzz Media

Ahmad Aunur Rohman, Sayyidatul Karimah. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi elajar siswa kelas XI: Jurnal At-taqaddum. Vol. 10. No. 1.

Andi Prastowo. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar-ruzzmedia.

Abd Rahman BP dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan: Jurnal Al Urwatul Wutsqa, Vol. 2 No 1

Achmad Zulfikar Siregar.2021. Manajemen Full Day School di SMA As Safi’iyah Medan. ALACRITY : Journal Of Education.Vol.1. No 3.

Ahmadi, Ruslam. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Manguwoharjo: ArRuzz Media

Ahmad Aunur Rohman, Sayyidatul Karimah. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi elajar siswa kelas XI: Jurnal At-taqaddum. Vol. 10. No. 1.

Andi Prastowo. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar-ruzzmedia.

Fitra Syukur Iman Zai & Soegeng Mulyono. (2022). Pentingnya metode pembelajaran bagi peningkatan minat belajar mahasiswa program studi sarjana pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Jurnal pendidikan Agama Kristen (Vol.4, No.1)

Freddy Widya Ariesta. (2021) . Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme

dalam Pandangan Jean Piaget Lev Vygotsky. Artikel BINUS University, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Gusti Ayu Agung Riesa Mahendradhani.(2021). Problem-Based Learning di Masa Pandemi. Bali:Nilacakra.

Hasan Baharun & Saudatul Alawiyah. (2018). Pendidikan full day school dalam perspektif epistomologi muhammad’Abid Al-Jabarini. Jurnal kependidikan Islam. Vol. 4. No 1.

Herdiansyah. (2012).metodologi penelitian kualitatif,jakarta:Salemba Humanika.

Ilham Syahrul Jiwandono, dkk. (2017). Peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kodusif di SDN Wonorejo 01 Lawang. Prosding TEP&PDs, Transformasi Pendidikan Abad 21. Tema 6, No. 21.

IZA , NUR DORA. (2019). Sistem sosial Indonesia. Repository Skripsi UIN Sumatra Utara Martono. (2015). Metode Penelitian Sosial . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Mintasih indriayu, dkk. (2022). Pendidikan kewirausahaan berbasi keterampilan non kognitif dapat Fitra Syukur Iman Zai & Soegeng Mulyono. (2022). Pentingnya metode pembelajaran bagi peningkatan minat belajar mahasiswa program studi sarjana pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Jurnal pendidikan Agama Kristen (Vol.4, No.1)

Freddy Widya Ariesta. (2021) . Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme

dalam Pandangan Jean Piaget Lev Vygotsky. Artikel BINUS University, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Gusti Ayu Agung Riesa Mahendradhani.(2021). Problem-Based Learning di Masa Pandemi. Bali:Nilacakra.

Hasan Baharun & Saudatul Alawiyah. (2018). Pendidikan full day school dalam perspektif epistomologi muhammad’Abid Al-Jabarini. Jurnal kependidikan Islam. Vol. 4. No 1.

Herdiansyah. (2012).metodologi penelitian kualitatif,jakarta:Salemba Humanika.

Ilham Syahrul Jiwandono, dkk. (2017). Peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kodusif di SDN Wonorejo 01 Lawang. Prosding TEP&PDs, Transformasi Pendidikan Abad 21. Tema 6, No. 21.

IZA , NUR DORA. (2019). Sistem sosial Indonesia. Repository Skripsi UIN Sumatra Utara Martono. (2015). Metode Penelitian Sosial . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Mintasih indriayu, dkk. (2022). Pendidikan kewirausahaan berbasi keterampilan non kognitif dapat membentuk generasi yang job creator.Yogyakarta:Deepublish. Musfiqon.2012.Panduan lengkap metodologi penelitian. Jakarta:Prestasi Pusaka.

Neneng Nurmalasari. Andi Setiawan. Sri Cahyani. (2023). Implementasi Full Day School Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smkn 1 Cimerak. Ejournal nusantara global. Vol. 2 No 2.

Novia Betty Aulia. 2019. Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 7 Semaranghubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 7 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 tahun 2017

PHDI. Keputusan Seminar Kesatuan Tafsir Terhadap Aspek-aspek agama Hindu (1-XV,1998 : 23-24) PHDI. Keputusan seminar Kesatuan Tafsir Aspek-aspek Agama Hindu (IV. 1980:31).

Unduhan

Diterbitkan

09.10.2025

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 35 times