IMPLEMENTASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM SATUAN PENDIDIKAN DASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v3i2.3245Kata Kunci:
Implementasi, Dimensi, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan DasarAbstrak
Belajar sebagai suatu keterampilan dalam bertahan hidup secara kontinyu dan pengembangan sumber daya manusia dalam beradaptasi terhadap berbagai perubahan. Guru yang menjadi pusat atau sumber belajar telah mengalami suatu pergerasan dimana dalam penerapan kurikulum merdeka belajar guru lebih banyak memerankan perannya sebagai fasilitator dan kolaborator dalam pembelajaran. Pancasila dengan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya sebagai suatu semboyan yang harus dijunjung dan dipegang teguh oleh bangsa Indonesia. Keanekaragaman budaya menjadi sesuatu yang harus dijaga dan dilestarikan. Profil pelajar Pancasila sebagai salah satu upaya dalam menjaga warisan budaya Indonesia dan tetap memerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kehidupan. Profil pelajar Pancasila sebagai suatu bentuk implementasi dari kurikulum merdeka belajar. Dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 dimensi profil pelajar Pancasila terdiri dari 6 (enam) dimensi yang terdiri dari (a) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, (b) berkebhinekaan global, (c) bergotong-royong, (d) mandiri, (e) bernalar kritis dan (f) kreatif. Implementasi profil pelajar Pancasila pada satuan Pendidikan dasar dapat dilakukan melalui pembelajar di dalam kelas dengan mengacu dan berfokus pada salah satu dimensi yang terdapat dalam profil pelajar Pancasila. Melalui profil pelajar Pancasila dapat terciptanya pelajar yang cinta perdamaian dan mampu menjaga keharmonisan sosial baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Referensi
Abdillah, F. (2021). Tracing ’ Profil Pelajar Pancasila ’ Within The Civic Education Textbook : Mapping Values For Adequacy. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2).
Hidayah, Y., & Suyitno. (2021). Kajian Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2).
Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Novita Nur ‘Inayah. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1). https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7
RAHAYUNINGSIH, F. (2022). INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3). https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November.
Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & ... (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian KEpada Masyarakat, 3(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.