https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/SA/issue/feedSang Acharya: Jurnal Profesi Guru2025-11-22T03:03:17+08:00I Gede Dedy Diana Putradedydiana@uhnsugriwa.ac.idOpen Journal Systems<p>Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru merupakan jurnal yang diterbitkan secara online dengan nomor e-issn <a href="http://issn.lipi.go.id/">2722-8614</a>, wadah untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik profesi keguruan, yang meliputi pengembangan kompetensi pedagogie, profesional, sosial maupun kepribadian. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun pada Bulan April dan Oktober.</p>https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/SA/article/view/5654Setrategi Guru Dalam Internalisasi Budaya Sadar Lingkungan Di SD Negeri 4 Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli2025-11-03T22:40:40+08:00Dharma Satyalestarieka071492@gmail.comNi Wayan Yusi Arminiusi.armini14@gmail.com<p>Melalui proses pendidikan yang dilakukan oleh Guru di sekolah diharapkan mampu menggugah kesadaran siswa secara laihir dan batin. Seperti yang dilakukan oleh lembaga pendidikan di SD Negeri 4 Kawan. Salah satu program yang sangat menarik untuk diperhatikan di sekolah dasar tersebut adalah program perduli lingkungan atau sadar lingkungan. Program ini dibuat bertujuan agar peserta didik memiliki perhatian yang seksama pada lingkungan sekitarnya. Penulisan jurnal ini menempuh beberapa metode diantaranya metode pengumpulan data yang melalui prosedur observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Metede analisis data dalam hal ini menerapkan tehnik reduksi, klasifikasi, interpretasi, dan menarik kesimpulan data. Setrategi guru dalam internalisasi budaya sadar lingkungan di SD Negeri 4 Kawan yakni menggunakan tiga bentuk strategi utama yang meliputi Problem Based Instruction, Jigsaw Learning, dan Outdoor Study. Problem Based Instruction merupakan pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengembangkan pengetahuan baru bagi peserta didik melalui kerja kelompok yang membutuhkan penyelesaian nyata sehingga membuat siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Jigsaw Lerning dirancang untuk menciptakan dan menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa pada suatu mata pelajaran yang ditugaskannya berupa model pembelajaran yang bertujuan agar siswa bisa saling bergantung satu sama lain untuk meraih tujuan atau keberhasilan bersama. Serta Outdoor study merupakan upaya untuk mengarahkan siswa untuk melakukan aktivitas yang dapat membawa mereka mengamati lingkungan sekitar, sesuai dengan materi yang diajarkan dan merupakan bentuk pendidikan di luar kelas yang lebih mengacu pada pengalaman dan pendidikan lingkungan.</p> <p>Kata Kunci: Setrategi Guru, Internalisasi Budaya, Sadar Lingkungan</p>2025-11-22T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru