PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KITAB PURANA PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH NEGERI 1 PENUKTUKAN, KECAMATAN TEJAKULA, KABUPATEN BULELENG, TAHUN AJARAN 2024/2025

artikel PTK

Penulis

  • KETUT WARDIATI ppg.guru agama hindu

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v6i1.4349

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu materi Kitab Purana melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas III SD Negeri 1 Penuktukan pada tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan masing-masing siklus meliputi tahap Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas III SD Negeri 1 Penuktukan. Pada prasiklus, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 61%, dan berdasarkan Penilaian Akhir Pembelajaran (PAP) dengan skala lima, hasil belajar siswa berada pada kategori kurang. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 71%, dengan hasil belajar siswa masuk dalam kategori cukup. Pada siklus II, persentase ketuntasan belajar mencapai 82%, namun hasil belajar siswa masih tergolong kurang baik, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus III. Pada siklus III, persentase ketuntasan belajar mencapai 100%, dengan hasil yang sangat memuaskan. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Agama Hindu di kelas III SD Negeri 1 Penuktukan pada tahun pelajaran 2024/2025.

 

Referensi

Widia, I. W., & Suryani, I. G. A. A. (2020). Implementasi Model Problem-Based Learning pada Pembelajaran Agama Hindu untuk

Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 3(1), 15-25.

Putra, I. G. N. A. (2018). Penerapan Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Agama Hindu untuk Meningkatkan

Pemahaman Ajaran Tri Hita Karana di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Agama dan Kebudayaan Hindu, 7(2), 43-51

Santosa, I. M. G. A., & Adnyani, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem-Based Learning Terhadap Pemahaman Siswa

tentang Nilai-Nilai Tri Kaya Parisudha dalam Pembelajaran Agama Hindu. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Hindu, 7(3), 134-141.

Suartama, I. K., & Sutama, I. W. (2021). Pengembangan Pembelajaran Problem- Based Learning Berbasis Teknologi untuk

Meningkatkan Pemahaman Dharma dan Bhakti dalam Agama Hindu. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Agama Hindu, 9(2), 55-62.

Unduhan

Diterbitkan

09.10.2025

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 26 times