PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI KELAS V SD NEGERI 1 DANGINTUKADAYA TAHUN AJARAN 2024/2025

Penulis

  • I MADE ERIK ASTAWAN SD NEGERI 1 DANGINTUKADAYA

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v5i2.4316

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas V SD Negeri 1 Dangintukadaya pada tahun ajaran 2024/2025 melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Metode PBL dipilih karena dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan terlibat aktif dalam proses belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Dangintukadaya yang berjumlah 35 orang.

Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua tahap, setiap tahap terdiri dari 3 kali pertemuan, yaitu dua kali pertemuan untuk melaksanakan pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Pembelajaran yang diberikan adalah penerapan model pembelajaran PBL. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Metode tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas V SD Negeri 1 Dangintukadaya tahun ajaran 2024/2025. Secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari tahap I ke tahap  II sebesar 25,71%, yaitu dari 60% pada siklus I yang berada dalam kategori cukup  menjadi 85,71% pada siklus II yang berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil dari skor rata-rata siklus I dan II didapatkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 2,17  dari siklus I sebesar 77,06 menjadi 79,23 pada siklus II.

 

Kata kunci: Model pembelajaran PBL dan hasil belajar

Referensi

Agung, A.A. Gede. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Dasna, I Wayan dan Sutrisno. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah. [Online]. tersedia di http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/19/pembelajaran-berbasis-masalah/ diakses pada tanggal 20 Juli 2018.

Depdiknas. 2009. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir Program Sarjana dan Diploma Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT BumiAksara.

Huda, Miftahul. 2009. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Cetakan II. Bandung: Pustaka Pelajar.

Nurdin, I. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung : PT. Remaja Rosdikarya.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdikarya.

Surya, Yenni Fitra. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar”. Jurnal pendidikan.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.

Unduhan

Diterbitkan

01.11.2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 50 times