PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 1 PADANGKERTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v6i1.4337Kata Kunci:
PJBL Learning, Activeness, Learning Outcomes, Hindu ReligionAbstrak
Pendidikan merupakan fenomena manusia yang fundamental yang juga mempunyai sifat konstruktif dalam hidup manusia, karena itulah kita dituntut untuk mampu mengadakan refleksi ilmiah tentang pendidikan tersebut sebagai pertanggungjawaban terhadap perbuatan yang dilakukan, yaitu mendidik dan dididik.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas VI melalui model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SD Negeri 1 Padangkerta Tahun Pelajaran 2024/2025; 2) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI melalui model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SD Negeri 1 Padangkerta Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari pada minggu pertama sampai dengan minggu ketiga. Sabyek penelitian ini adalah peserta didik di SD Negeri 1 Padangkerta tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar, tugas proyek, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan penskoran skala 4dan presentase pencapaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan menggunakan model pembelajaran project based learning di kelas VI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini berdasarkan data pengamatan dari semua aspek yang diamati pada Siklus I dengan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 63% meningkat menjadi 73% pada Siklus II, dan mengalami peningkatan pada Siklus III menjadi 79%; 2) Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan menggunakan model pembelajaran project based learning di kelas VI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar tiori dan proyek mengalami peningkatan yaitu rata-rata tiori pada Siklus I sebesar 70,67 meningkat menjadi 72,30 pada Siklus II, dan mengalami peningkatan pada Siklus III menjadi 78,60. Rata-rata proyek sebesar 72,67 pada Siklus I meningkat menjadi 74 pada Siklus II dan mengalami peningkatan menjadi 80 pada Siklus III. Ketuntasan tiori pada Siklus I sebesar 68 meningkat menjadi 80 pada Siklus II dan mengalami peningkatan pada Siklus III menjadi 88. Ketuntasan proyek pada Siklus I sebesar 72 meningkat menjadi 84 pada Siklus II dan mengalami peningkatan pada Siklus III menjadi 96.
Referensi
Eko Mulyadi. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK.Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.
Made Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Martinis Yamin. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.
Muhammad Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa. (2014). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rusdakarya Offset.
Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran.
Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.







