PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU
PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v5i2.4321Abstrak
Abstrak
Penelitian Tidakan Kelas yang dilakukan di SD Negeri 39 Krui pada siswa Kelas IV semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025 bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti menggunakan model pembelajaran Problem based learning. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data siklus II. Dari data awal diperoleh rata- rata kelas baru mencapai nilai 63,16 dan ketuntasan belajar baru mencapai 16,66%. Data ini jauh dibawah harapan mengingat KKM Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di sekolah ini adalah 73. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 70,25 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 50,00%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 80,91 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 91,66%. Data pada siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Kesimpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran Problem Based learning dapat meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Pada Siswa Kelas IV.
Referensi
Abin Syamsudin makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Abu ahmadi. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsini; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hopkins, David,2001.Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas.Yogjakarta:Pustaka Belajar.
Ibrahim, M, dan Nur, M, 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah Surabaya: University Press.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara
Muzakki. 2012. Thesis. Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Menggunakan Peralatan Kantor Siswa Kelas X SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta. Eprints. Uny. Ac.id/8915/
Muslimin. 2002, Metode Penelitian di Bidang Sosial, Bayu Media dan UMM Press
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Pesrasada.
Trianto (2009: 25,81,), Mendesain Model pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Pranata Group.
Warsono dan hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.