PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TEKNIK TPS UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS BERTANYA SISWA KELAS IV SEMESTER SATU TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v4i2.3265Kata Kunci:
Pendekatan saintifik teknik TPS dan Akltivitas BertanyaAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktifitas bertanya siswa, dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas bertanya siswa. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Nyalian tahun pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 11 orang. Sedangkan obyek penelitian adalah peningkatan aktivitas bertanya melalui tindakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik teknik teks pesan singkat (TPS). Penelitian mengikuti alur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan instrument pengumpulan datanya menggunakan format observasi terhadap jumlah dan jenis pertanyaan siswa. Metode analisis data menggunakan cara statistic deskriptif univarian dengan rumus n =skor perolehanx 100, dan untuk menarik kesimpulan digunakan metode deskriptif skor maksimal kualitatif. Indikator keberhasilan adalah nilai rerata aktivitas bertanya minimal 70,00 dengan ketuntasan minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bertanya siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2020/2021 SD Negeri 3 Nyalian dapat ditingkatkan melalui pembelajaran saintifik teknik TPS, dengan pencapain nilai pada siklus I rerata 63,47 dan ketuntasan 70,27%, meningkat pada siklus II menjadi rerata 79,32 dan ketuntasan 97,29%
Referensi
Aqib Zainal, 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung Irama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi AksaraAngkowo, R, 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta. PT Grasindo. Depdikbud, 1995. Materi Latihan Kerja Guru PPKn.
Depdiknas, 2004.Standar Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama, Jakarta Diretur Tenaga Kependidikan
Depdiknas, 1995. Materi Latihan Kerja Guru PPKn, Jakarta. Direktorat Jendral Dikdasmen.
Komisi Pemilihan Umum,2009 Buku PinterKPPS Nazir,Mohammad.1998.Metode Penelitian.Jakarta Ghalia Indonesia. Nurhadi, 2004. Kurikulum 2004. Jakarta, Grasindo
Nurhadi.2002.Pendekatan Kontekstual.Direktur Pendidikan Lanjutan Pertama.
Sanjaya, Wina.2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompentensi. Jakarta: Kencana
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B, 2006 Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta Bumi Aksara.
Yamin Martinis, 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi.Jakarta. Gaung Persada Pres
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.