UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN YADNYA DI KELAS X TB SMK WIDYA WISATA JIMBARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN YADNYA DI KELAS X TB SMK WIDYA WISATA JIMBARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Penulis

  • I Made Suarsana SMK Negeri 5 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v5i2.4332

Kata Kunci:

Yadnya, Hasil Belajar, Kreativitas, Proses Pembelajaran

Abstrak

Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses merupakan suatu metode baru yang diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu.

Kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X TB SMK Widya Wisata Jimbaran dalam mata pelajaran Agama relatif masih rendah. Beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa antara lain : siswa merasa jenuh mendengar ceramah, metode pengajarnya kurang bervariasi dan penggunaan teknologi informasi (ICT) dalam pelaksanaan kegiatan belajar masih sangat kurang. Dalam kajian ini akan diteliti dua masalah utama yaitu (1) Apakah kreativitas siswa dapat ditingkatkan melalui pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan Yadnya pada siswa kelas X TB SMK Widya Wisata Jimbaran tahun pelajaran 2022/2023 ? (2) Apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan Yadnya pada siswa X TB SMK Widya Wisata Jimbaran Tahun pelajaran 2022/2023 ?. Dengan jumlah siswa sebagai subyek 25 orang siswa.

Kreativitas dan hasil belajar siswa diproleh dengan menggunakan tes uraian berstruktur dan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan seting pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diproleh dari siklus I yaitu 71.50 menjadi 83,68 pada siklus II.

Berdasarkan paparan data tersebut diatas, hipotesis telah terjawab dengan dibuktikan data-data kreativitas dan hasil belajar siswa meningkat.

Referensi

Degeng I Nyoman S, 2006. Teori dan Konsep Belajar, Surabaya: Program Pascasarjana Universitas PGRI Adibuana.

Degeng, I Nyoman S.,1989 Ilmu Pengajaran Taxonomi Variabel, Jakarta: Dirjen Dikti, PPLPTK.

Depdiknas, 2003. Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Dirjen PDM

Depdiknas, 2005. Pedoman Khusus Sistem Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Dirjen PDM.

Depdiknas, 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Mendiknas.

Depdiknas, 2006. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Dit Prodik Dirjen PMPTK.

Depdiknas, 2008. Pedoman Blok Grant Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta; Direktorat Profesi Pendidikan Dirjen PMPTK Depdiknas.

Dimyati.Moerdjiono, 1994. Psikologi pendidikan, Yakarta: Fak.Psikologi UGM.

Dwi Agus Sudjimat, 2004. Metodelogi Penelitian, Surabaya: Program Pascasarjana Universitas PGRI Adibuana.

Indrawati dan Maman Wijaya, 2001. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PPPG IPA Depdiknas.

Killen, Roy. 1998. Efektive Teaching Strategies, Katoomba NSW: Social Science Press Muslimin Ibrahim, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Program Pascasarjana Unesa.

Netra,Ida bagus, 1983. Metodologi Penelitian. Singaraja: Biro Perbitan FKIP Unud Padmadewi N Ny, 2008. Strategi Pembelajaran dan Asesmen Inovasi, Singaraja Ganesha.

Saiful Bahri Djamarah, DKK., 2002 . Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Sugandi Achmad, dan Haryanto.2006.Teori Pembelajaran.Semarang:UPT UNNES PRESS.

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana.1998/ 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Suhardjono dan Rufi’i, 2006. Metodelogi Penelitian, Surabaya: Program Pascasarjana UNIPA.

Suharsimi Arikunto, 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Syaiful Sagala, 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2007. Pembelajaran Inovatif berorientasi knstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wasty Soemanto, 2003. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Wina Sanjaya, 2006. Pembelajaran dalam Implementasi KBK, Jakarta: Kencana Prenada Group.

Zainal Aqib, 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Surabaya: Insan Cendikia.

Unduhan

Diterbitkan

01.11.2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 41 times