PENGGUNAAN METODE PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU

Penulis

  • AGUS SUKRATNAYA SMPN 1 PASIR SAKTI LAMPUNG

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran; Pendekatan Kontekstual; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Hindu

Abstrak

Beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu rendahnya motivasi, minat, pemahaman, dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa terlihat kurang siap untuk menerima materi pembelajaran dalam setiap pertemuan. Hal ini disebabkan karena siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran guru cenderung menerapkan pola pendekatan konvensional yaitu mencatat, membaca, menerangkan dengan metode ceramah, dan menghapal. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dilakukan perbaikan kualitas pembelajaran yaitu salah satunya melalui metode pendekatan kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas VII SMPN 2 Pasir Sakti Kab. Lampung Timur Semester 1 T.A 2023/2024. Penggunaan Metode Pendekatan kontekstual bertujuan untuk :1). Meningkatkan aktivitas siswa, 2). Meningkatkan hasil belajar, 3). Meningkatkan perhatian siswa dalam pembelajaran. Sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh elemen sekolah, yaitu diantaranya : bagi siswa, dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan memperoleh pengalaman baru dalam kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta lebih bermakna bagi kehidupannya; bagi Guru, memperluas wawasan dan pengetahuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman belajar siswa melalui penggunaan metode pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru; bagi Sekolah, sebagai sumbangan pemikiran yang berguna dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Referensi

Deacon, R. (2006). From Confinement to Attachment: Foucault on the Rise of the School. The European Legacy (in press).

Foucault, M. (1988). Madness and Civilization: A History of Insanity in the Age of Reason. Trans. Richard Howard. New York: Vintage Books.

Foucault, M. (2000). Seks dan Kekuasaan: Sejarah Seksualitas. Terj. Rahayu S. Hidayat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama.

Foucault, M. (2002). Archaeology of Knowledge. Trans. Sheridan Smith. London and New York: Routledge.

Foucault, M. (2005). Order of Things: The Archaeology of the Human Sciences. Trans. Tavistok/Routledge. London and New York: Routledge.

Gutting, G. (2005). Foucault: A Very Short Introduction. New York: Oxford University Press.

Unduhan

Diterbitkan

01.05.2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 11 times