PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAKNAI AJARAN TRI HITA KARANA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK SISWA KELAS VII SMPN 5 MENTAYA HULU
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v4i2.3262Kata Kunci:
Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif SALAbstrak
“Peningkatan Hasil Belajar Materi Memaknai ajaran Tri Hita Karana dengan Menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa KelasVII SMPN 5 Mentaya Hulu”.” Tujuan Penelitian ini adalah untuk “Peningkatan Hasil Belajar Materi Memaknai ajaran Tri Hita Karana dengan Menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa Kelas VII SMPN 5 Mentaya Hulu”.” Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari:Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Saintifik dapat“Peningkatan Hasil Belajar Materi Memaknai ajaran Tri Hita Karana dengan Menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa KelasVII SMPN 5 Mentaya Hulu”.” Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang samadapat menerapkan Pembelajaran Saintifik untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal makadihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Saintifik yang lebih menarik dan bervariasi.
Referensi
Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
--------------.2005. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.Jakarta: Depdiknas
-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.
Kemdiknas.2011.Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdiknas
-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.Jakarta: Kemdiknas
Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya
Ngalim, Purwanto. 2003. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Bandung:PT Remaja Rosda Karya
Saputra, LS. Dkk. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewargaannegaraan. Klaten: Intan Pariwara
Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Suyatno. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL. Surakarta: Tiga Serangkai
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.