ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Wiworo Retnadi Rias Hayu Universitas Djuanda Bogor
  • Larasati Lintang Universitas Djuanda Bogor
  • Wilis Firmansyah Universitas Djuanda Bogor

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka; Sekolah Dasar

Abstrak

Program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan diharap bisa jadi solusi bagi masalah-masalah yang terjadi, terutama pada bagian penetapan orientasi dalam tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar kelas 4 di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Batutulis 1 menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan juga wawancara. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wali kelas 4 A,B dan C serta 4 murid kelas 4. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Dalam kesiapannya SDN Batutulis 1 ini sudah mengikuti aturan yang ditetapkan sebelum menerapkan Kurikulum Merdeka yakni; Memiliki minat untuk menerapkan, Kepala sekolah telah memperlajari tentang kurikulum merdeka, Sekolah memutuskan untuk mencoba menerapkan, Mengisi formulir pendaftaran survei singkat. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kegiatan ini telah memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran. Murid merasa lebih mengerti pembelajaran dengan kurikulum yang saat ini diterapkan. Mereka merasa pembelajaran lebih terarah pada fokus subjek mata pelajaran yang tidak lagi menggunakan tematik. Hal ini dapat terwujud karena anak sudah belajar didalam kelas, tidak lagi secara daring dirumah. Adanya interaksi antara guru dan juga murid-muridnya didalam kelas menjadikan pembelajaran lebih mudah dipahami.

Referensi

Hayu, W. R. (2020). Revitalization of Science Teacher Community to Accelerate Competency Achievement of Science Teacher in Urban Area . Journal of Physics: Conference Series, 1.

Hikmah, N. (2022). Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Tengerang Selatan: Bait Qur'any Multimedia.

Indarta, Y. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0 . Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 2 , 23.

Indrayana, I. P. (2022). Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Khoirurrijal, d. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka . Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi .

Kurniasih, I. (2022). A-Z Merdeka Belajar. Kata Pena.

Mangunwijaya, Y. B. (2020). Sekolah Merdeka Pendidikan Pemerdekaan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nogroho, W. (2020). Merdeka Belajar Sebuah Pilihan. Tangerang Selatan: Indocamp.

Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, Research & Learning in Elementary Education , 10-13.

Sigalingging, R. (2022). Guru Penggerak dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Bandung: TATA AKBAR.

Suleman, A. R. (2022). Indonesia Kuat dengan Merdeka Belajar. Yayasan Kita Menulis.

Suradi, A. V. (2022). Inovasi Pembelajaran Pasca Pandemi. Ananta Vidya.

Tohir, M. (2019). Empat Pokok Kebijakan Merdeka Belajar. . Jakarta: Airlangga.

Widyastuti, A. (2022). Menjadi Sekolah dan Guru Penggerak. Jakarta: Kompas-Gramedia.

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya; Merdeka Guru-Siswa, Merdeka Dosen-Mahasiswa, Semua Bahagia. Jakarta: Kompas-Gramedia.

Unduhan

Diterbitkan

01.05.2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 29 times