REVITALISASI SCHOOL BRANDING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v3i1.2156Kata Kunci:
Revitalisasi, School BrandingAbstrak
Di era revolusi industri 4.0 sangat penting bagi seluruh sekolah untuk melakukan berbagai inovasi agar tetap dapat bersaing dan eksis di berbagai industri pendidikan. Dimana penggunaan e-commerce tidak hanya digunakan tidak hanya digunakan pada bidang ekomoni melainkan juga pada bidang pendidikan. School branding sangat penting untuk dilakukan dengan memanfaatan teknologi digital menjadi salah satu strategi dan alternatif yang sangat signifikan terutama pada bidang pemasaran dimana hal tersebut termasuk kedalam marketing yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari kalangan masyarakat sesuai dengan target market. Brand akan menjadi faktor penentu sebuah sekolah memiliki predikat favorit atau tidak. Dimana sistem dari mulut ke mulut (word of mouth) masih dijadikan pilihan dalam melakukan promosi. Beberapa sekolah menggunakan berbagai teknologi digital seperti tiktok, instagram, facebook, youtube dan lain sebagainya namun terdapat juga sekolah yang masih menggunakan school branding secara konvensional yaitu dengan mencetak poster atau baliho. Hal ini terjadi karena jangkauan sekolah yang jauh membuat orang tua mempertimbangkan untuk menyekolahkan anaknya sehingga sasaran market harus dipetakan dengan tepat. Sumber daya manusia yang terdapat dalam komunitas sekolah seperti guru dan pegawai juga sangat menentukan dalam mewujudkan school branding. Brand image sebuah sekolah sangat penting untuk diciptakan dimana citra positif dan ciri khas suatu sekolah akan terbentuk. Pemasaran sekolah di era revolusi industri 4.0 ini terdapat banyak tantangan dimana sekolah harus mampu mengeikuti berbagai perkembangan teknologi digital disesuaikan dengan usia target yang disasar dalam pemasaran. Revitalisasi school branding di era revolusi industri 4.0 harus terus dilakukan dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital agar lebih efisien dan praktis untuk mewujudkan sekolah yang berdaya saing dan unggul.