KAJIAN PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN TERHADAP PROFIL PANCASILA DI SEKOLAH

Penulis

  • I Wayan Indra Praekanata

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v5i1.3352

Kata Kunci:

KAFilsafat Pendidikan, Nilai Nilai, Filosofi Pancasila, Sekolah

Abstrak

Filsafat Pendidikan merupakan cabang dari filsafat yang khusus mempelajari masalah- masalah yang berkaitan dengan pendidikan. Pengertian ini meliputi pencarian akan hakikat, tujuan, dan nilai pendidikan, serta kaitannya dengan proses pembelajaran dan pengajaran. Filsafat Pendidikan juga mencakup pemikiran-pemikiran tentang kurikulum, metode pengajaran, peran guru, siswa, dan lembaga pendidikan, serta hubungannya dengan masyarakat dan negara. Perspektif filsafat pendidikan dan implementasi nilai- nilai Pancasila di lingkungan sekolah. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini akan menganalisis bagaimana filsafat pendidikan memengaruhi pemahaman dan penerapan nilai Pancasila dalam kurikulum, metode pengajaran, dan interaksi sosial di sekolah. Selain itu, kajian ini juga akan mengevaluasi sejauh mana implementasi nilai Pancasila dapat mendukung pembentukan karakter siswa dan mempersiapkan mereka untuk berperan sebagai warga negara yang baik. Hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan teori dan praktik pendidikan di Indonesia, serta memberikan rekomendasi kebijakan bagi pihak terkait dalam meningkatkan implementasi nilai Pancasila di sekolah.

 

Referensi

Asrori MA. Integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter dan budaya bangsa yang berbasis pada lingkungan sekolah. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2016;2(1).

Adib, Mohammad. 2010. Mohammad Adib, Filsafat Ilmu Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Driyarkara, yogyakarta ilmu pendidikan yang bersifat (1980: 66-67)

Pebriani YN, Dewi DA. Peran Guru Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan. 2022 Jun 9;6(1):1432-9.

Fauzi FY, Arianto I, Solihatin E. Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Jurnal PPKn UNJ Online. 2013;1(2):1-5.

Giri IP, Ardini NL, Kertiani NW. Pancasila sebagai landasan filosofis pendidikan nasional. Sanjiwani: Jurnal Filsafat. 2021 Mar 31;12(1):116-26.

Istianah A, Mazid S, Hakim S, Susanti R. Integrasi nilai-nilai pancasila untuk membangun karakter pelajar pancasila di lingkungan kampus. Jurnal Gatranusantara. 2021 Apr 3;19(1):62-70.

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.

Mariyah S, Syukri A, Badarussyamsi B, Rizki AF. Filsafat dan Sejarah Perkembangan Ilmu. Jurnal Filsafat Indonesia. 2021 Nov 1;4(3):242-6

Muslim A. Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health. 2023 Jan 1;1(1):34-40

Redja Mudyahardjo, Filsafat Ilmu Pendidikan, 2010, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.

Pajriani TR, Nirwani S, Rizki M, Mulyani N, Ariska TO, Harahap SS. EPISTEMOLOGI FILSAFAT. PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2023 Jun 13;1(3):282-9.

Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90.

Semadi, Yoga Putra. “Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 2, no. 2 (2019).

Undang-Undang Republik Indoneisa Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Unduhan

Diterbitkan

01.05.2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 108 times