PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE FORM PADA PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI KELAS IV SD NEGERI 3 PUJUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v3i2.2162Kata Kunci:
Pemanfaatan Google Form, Pendidikan Agama HinduAbstrak
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi google form sebagai media pembelajaran daring Pendidikan Agama Hindu dan Budhi Pekerti. Para guru SD Negeri 3 Pujungan mempelajari aplikasi google form sehingga dapat membagikan tautan kepada siswa melalui whatsapp group. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana sumber data didapat dari daftar nilai siswa kelas IV SD Negeri 3 Pujungan dan juga dengan teknik wawancara kepada peserta didik maupun orang tua peserta didik. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai belajar peserta didik meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Permasalahan yang dihadapi guru pada penerapam aplikasi google form dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Hindu dan Budhi Pekerti yang pertama adalah kendala signal. Selanjutnya adalah beberapa peserta didik tidak memiliki telepon genggam sendiri sehingga dapat menghambat proses pembelajaran daring.
Referensi
Asmuni. (2020). "Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya". Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , 1-8.
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2016). "Faktor Internal dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bagunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017". Vol.5 No.1 , 1-8.
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). "Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi". Jurnal Komunikasi Pendidikan , 1-9.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.