PENGGUNAAN LKPD BERBASIS ONLINE (QUIZIZ) DAPAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v5i1.4018Kata Kunci:
Pendidikan, LKPD berbasis online, minat belajar, siswa HinduAbstrak
Keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan menggunakan LKPD (lembar kerja peserta didik) yang berbasis online, dalam kegiatan ini menggunakan LKPD berbaasis online dalam bentuk Quizizz. Penggunaan LKPD berbasis online (Quiziz), selain dapat meningkatkan minat belajar siswa juga mampu mengarahkan siswa dalam penggunaan handpone ke arah yang positif. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui penggunaan LKPD berbasis online dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan meningkatnya minat belajar pada siswa, diharapkan meningkat pula hasil belajar siswa Hindu kelas V Sekolah Dasar Negeri 40 Krui. Dengan demikian, LKPD berbasis online dalam bentuk Quizizz dapat menjadi alternatif dalam media pembelajaran pendidikan agama Hindu.
Referensi
Akhdinirwanto, W., & Sayogyani, I. A. (2009). Cara Mudah Mengembangkan Frofesi Guru. Yogyakarta: Pengurus Wilayah Agupena DIY dan Sabda Media.
Anas, S. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani, N. A., & Hermana, H. D. (2008). Classroom Action and Reseach. Rahayasa Reseach and Training.
Mardika, M. (2021). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia .
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D . Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Suharsono, S. H. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets dalam Pembelajaran Online. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.
Umar, A., & Kaco, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Ganesa Exact.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.