PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SOKONG TAHUN AJARAN 2024-2025
PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SOKONG TAHUN AJARAN 2024-2025
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v5i2.4317Kata Kunci:
Metode Course Review Horay, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian bertujuan Untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode Course Review Horay dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Hindu dan budi pekerti siswa kelas III SD Negeri 2 Sokong tahun pelajaran 2024-2025. Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis pengaruh dari perlakuan tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa, dengan menerapkan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas III di SD Negeri 2 Sokong tahun pelajaran 2024/2025. Hal ini dapat dibuktikan dari berbagai tindakan bahwa: Penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas III SD Negeri 2 Sokong tahun pelajaran 2024/2025 sangat efektif seperti; siswa lebih cepat memahami materi yang dipelajari; siswa lebih aktif dalam proses belajar; motivasi belajar siswa meningkat; rasa ingin tahu siswa meningkat; siswa terlibat dalam kegiatan belajar; dan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebesar 90,90%. Maka penelitian ini dinyatakan berhasil dan tuntas.
Kata Kunci: Metode Course Review Horay, Hasil Belajar
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Dinas. 2012. Model-Model Pembelajaran. Mataram: CV. Karya Baru Diakses: 23/01/2011 .
Irwanto. 2007. Psikologi Umum. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta.
Muhibbin, Syah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ratnawati, Mila. 2016. Hubungan antara Persepsi Anak terhadap Suasana Keluarga, Citra Dirt, dan Motif Berprestasi dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V SD Ta'Miriyah Surabaya. Jurnal Anima Vol XI No. 42.
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana.
Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
(Rukmanda Dias Aksiwi. 2014 Implementasi Metode Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/ viewFile/5161/ 4458
Samsul Bahri (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Jurnal Evolusi Volume 5 Nomor 1 April 2021, pp. 37-49.
Septiara Belina. 2018. Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Bandar Lampung. Universitas Lampung
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Kuntojo. 2009. Metode Penelitian. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.Lungan, R. 2006. Aplikasi Statistika dan Hitung Peluang.Yogyakarta: Penerbit Graha
Sia, Tjundjing. 2001. Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no. 1
Sumadi, Suryabrata. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Winkel, Wirawan, Sarlito. 2007. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran (Pelengkap dapat meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru Dan Calon Guru). Jakarta: IPA Abong.
Undang-Undang Sisdiknas, 2003
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.