PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III MATERI TRI SANDHYA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 1 RIANGGEDE
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v3i2.3243Kata Kunci:
Media Audio visual, minat, Tri SandyaAbstrak
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam materi pembelajaran pemahaman terhadap ucapan dalam bait-bait Tri Sandhya di SD Negeri 1 Rianggede dimasa pandemi covid 19 (2) Meningkatakan hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan model demonstrasi dirumah secara mandiri dengan mendengar video ( media audio visual ) dapat meningkatkan minat terhadap pembelajaran Tri Sandya di SD Negeri 1 Rianggede dimasa pandemi covid 19. Karena kesulitan anak untuk membaca kata-kata dalam Tri Sandhya anak untuk mengingatkan ucapan yang benar dalam pelaksanaan belum sesuai dengan target yang diinginkan karena pengucapan dari anak tersebut masih sangat kurang nilai rata-rata khususnya dalam Tri Sandya dalam Tahun Pelajaran 2019/2020 baru mencapai nilai 6,0 untuk siswa kelas III SD Negeri 1 Rianggede. Kompetensi siswa yang diharapkan dalam standar KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal ) adalah 6,5 nilai terendah yang tertuang dalam KKM Kurikulum 2013 Kelas III SD Negeri 1 Rianggede. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa dalam hasil penilaian. Penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus : Siklus I tidak menggunakan media dan siklus II mengunakan media audio visual.
Referensi
Hamalik Oemar.2006. Proses Belajar Mengajar .Bandung.Bumi Aksara
Kemmis,taggart.1999.Setting dan Karakteristik Penelitian. http://repository.upi.edu/ operator/upload/s-pgsd-0610768-chapter3.pdf
Parisada Hindu Darma Pusat. 1991. Ketetapan Mahasabha VI nomor I/TAP/M.SABHA/1991 tentang Tata Keagamaan.
Pendidikan, M. (n.d.). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19). 2020.
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka
Slameto. 2010. Belajar dan Fakto-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta
Suardeyasa I Gusti Nyoman.2019. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Sekolah Dasar Kelas 3. Denpasar: Media Abadi
Sudjana Nana dan Ahmad Rivai.2016. Dalam proses belajar mengajar fungsi media.https://www.coursehero.com/file/p70vt4e/Dalam-proses-belajar-mengajar-fungsi-media-menurut-Nana-Sudjana-6-yakni-a/
Suyanto.1997.Setting dan Karakteristik Penelitian.http://repository.upi.edu/operator/ upload/s-pgsd-0610768-chapter3.pdf
Umi Muafiah, dkk. 2019.peningkatan minat belajar siswa melalui media audio visual dalam pembelajaran fiqih.Jurnal Studi dan Sosial.Wahana Akademika.
UUD 1945.2019-2024.undang-undang dasar republik indonesia dan amandemennya. Solo: Sendang Ilmu
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.