MENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRI MURTI MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B

Penulis

  • Indar Ningsih Pratama Widyalaya Radite Widya Jepara

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v5i2.4324

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Tri Murti pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak melalui metode bermain peran. Tri Murti, yang meliputi Brahma, Wisnu, dan Siwa, merupakan konsep penting dalam pendidikan agama Hindu yang perlu dikenalkan sejak dini. Metode bermain peran dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 anak kelompok B. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran secara signifikan meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep Tri Murti. Pada siklus I, pemahaman anak mencapai 65%, dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Anak-anak lebih aktif, antusias, dan mampu memahami konsep Tri Murti dengan baik melalui permainan yang dirancang sesuai kebutuhan mereka.

Dengan demikian, metode bermain peran efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Tri Murti pada anak kelompok B. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode bermain peran sebagai strategi pembelajaran yang inovatif dalam pengenalan nilai-nilai agama dan budaya pada pendidikan anak usia dini.

Kata kunci: Tri Murti, bermain peran, anak kelompok B, pendidikan anak usia dini, PTK.

Referensi

Lightfoot, C., Cole, M., & Cole, S. R. (2018). The Development of Children (8thed.). Worth Publishers

Daniels, H. (2016). Vygotsky and Pedagogy (2nd ed.). Routledge.

Bandura A. (2016). Moral Disengagement: How People Do Harm and Live withThemselves. Worth Publishers.

Gardner, H. (2017). The App Generation: How Today’s Youth Navigate, andImagination in a Digital World. Yale University Perss

Bronfenbrenner, U., & Morris, P. A. (2019). The Ecology of Human Development:Experimants by Nature and Design. Harvard University Press.

Unduhan

Diterbitkan

01.11.2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 43 times