PENERAPAN MODEL PEMBELAJAAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 SINDUWATI
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v4i1.3231Kata Kunci:
Model STAD, Prestasi , Pendidikan Agama HinduAbstrak
Penelitian ini disusun bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu melalui penerapan model pembelajaran STAD pada siswa Kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V semester I SD Negeri 2 Sinduwati sebanyak 13 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang di dapat dari metode tes dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu, hal ini menunjukkan hasil tes siswa tiap akhir siklus. Pada pra siklus rata-rata diperoleh yaitu 68 pada siklus I menjadi 76 dan pada siklus II menjadi 82. Persentase ketuntasan hasil belajar Pra Siklus sebesar 21% pada Siklus I 53% dan Siklus II Menjadi 93%. Sebagaimana paparan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD telah berhasil meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu pada siswa Kelas V di SD Negeri 2 Sinduwati.
Referensi
Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta.
Isjoni. 2011. Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta
Nawawi Hadari, 1981. Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT. Gunung Agung
Punyatmaja, O. 2001. Upadesa; Tentang Ajaran Agama Hindu. Surabaya: Penerbit. Paramita.
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Tabrani Rusyan, Drs., dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar,. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Irawan, Prasetya. Suciati dan Wardani. 1996. Pekerti, Teori Belajar, Motivasi dan
Keterampilan Mengajar. Jakarta:Universitas Terbuka.
Madya, Suwarsih 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga
Penelitian IKIP Yogyaka.
Trianto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.