MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU PADA MATERI CIPTAAN SANGHYANG WIDHI SERTA MENSYUKURI KARUNIA TUHAN DENGAN PENERAPAN KASIH SAYANG SESAMA MANUSIA LEWAT METODE PEMBIASAAN SISWA KELAS I SEMESTER I SD NEGERI 2 GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Penulis

  • sang ayu putu bakti SD Negeri 2 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v6i1.4343

Kata Kunci:

academic achievement, application of compassion, habituation method

Abstrak

Guru SD Negri 2 Gianyar menghadapi masalah dalam pembelajaran  rendahnya prestasi belajar agama Hindu siswa kelas I, yang mana tingkat penguasaan siswa dalam mengenal diri dan lingkungan serta mensyukuri karunia Tuhan kurang. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar Agama Hindu dalam mengenal diri dan mensyukuri karunia Tuhan setelah penerapan kasih sayang sesama manusia dengan metode pembiasaan. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman observasi, dokumentasi, dan lembar tes hasil belajar. Tehnik analisis data kualitatif, yaitu membandingkan nilai rata-rata persentase siklus I dengan siklus II. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata kelas yang dicapai siswa 75.00 dengan prosentase ketuntasan belajarnya 75 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelasnya  80.00 dengan prosentase ketuntasan belajarnya 85%.. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan Metode Pembiasaan dapat meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Dalam Mengenal Diri Dan Lingkungan Serta Mensyukuri Karunia Tuhan Siswa Kelas I Semester I.

Referensi

Anastasi, Anne. 1976. Psychological Testing. Fifth Edition.New York: Macmillan Publishing Co Inc.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta. National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development

Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.

Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.

Good, Thomas L. & Jere E. Brophy. 1990. Educational Psychology, A Realistic Approach. New York: Longman.

Gregory, Robert J. 2000. Psychological Testing: History, Principles, and Applications. Boston: Allyn and Bacon.

Gronlund, Norman E. 1982. Constructing Achievement Tests. Third Edition. London: Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Herrhyanto, Nar dan Hamid, Akib. 2006. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hilke, Eileen Veronica. 1998. Fastback Cooperative Learning. New York: Mcgraw-Hill, Inc

Unduhan

Diterbitkan

09.10.2025

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 26 times