PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN DALAM PANDANGAN IVAN ILLICH: SUATU KRITIK TERHADAP SISTEM DEHUMANISASI DALAM PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v3i2.3246Kata Kunci:
Pendidikan yang Membebaskan, Ivan Illich, Dehumanisasi.Abstrak
Pendidikan pada akhirnya memiliki tujuan untuk memanusiakan manusia. Namun, dibalik dari tujuan tersebut terdapat suatu sistem dalam pendidikan yang tanpa disadari memiliki kecenderungan yang dehumanisasi. Hal inilah yang banyak dipikirkan oleh para pemerhati pendidikan diantaranya adalah Ivan Illich. Sehingga dalam penelitian ini lebih fokus untuk mengkaji kritik Ivan Illich terhadap lembaga pendidikan, khususnya pada pendidikan formal serta akan melihat sumbangsih pemikiran Ivan Illich terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutik filosofis, serta data dalam penelitian ini dihimpun melalui studi kepustakaan (library research). Adapun hasil dari penelitian ini yakni pemikiran Ivan Illich mengenai pendidikan pada dasarnya berangkat dari sistem pendidikan di Amerika Latin yang cenderung dehumanisasi yakni dengan memberlakukan wajib belajar 12 tahun, sekolah menerapkan klasifikasi usia, kurikulum tersembunyi, relasi guru dan siswa yang cenderung memiliki relasi subjek-objek, serta mitos nilai. Sedangkan sumbangsih pemikiran Ivan Illich terhadap sistem pendidikan di Indonesia khususnya membongkar sistem pendidikan yang membelenggu anak didik. Demikian juga, alternatif pendidikan yang ditawarkan oleh Ivan Illich berkaitan dengan transformasi keterampilan tanpa adanya kepentingan kapital.
Referensi
Bakker, A., & Zubair, A. C. (2007). Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.
Hanif, M. (2014). Desain Pembelajaran untuk Transformasi Sosial (Studi Perbandingan Pemikiran Paulo Freire dan Ivan Illich tentang Pendidikan Pembebasan). Jurnal Komunika, 8(1), 113–128.
Illich, I. (1971). Bebaskan Masyarakat Dari Belenggu Sekolah. Terjemahan Deschooling Society. Diterjemahkan Oleh A Sony Keraf. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Illich, I. (1982). Deschooling Society. Harper & Row, Publishers. New York, Evanston, San Franncisco, London.
Illich, Ivan. (2002). Celebration of Awareness A Call for Institutional Revolution. (Patheon Books. 1969) Terj. Indonesia oleh: Saut Pasaribu. Perayaan Kesadaran. Yogyakarta: Ikon Teralitera.
Jalaluddin, & Idi, A. (2002). Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan, The Choice is Yours. Valia Pustaka.
Mu’ammar, M. A. (2007). Gagasan Pendidikan Ivan Illich (Sebuah Analisis Kritis). Jurnal Ar-Ta’dib, 3(2), 141–161.
Palmer, Joy. A. (2006). Fifty Modern Thinkers On Education. Diterj . Oleh Farid Assifa. Yogyakarta: Ircisod.
Ristianah, N., & Ma’sum, T. (2021). Konsep Pendidikan Perspektif Ivan Illich dan Arthur Schopenhauer. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 63–69.
Wibowo, A. (2018). Pendidikan Alternatif Berbasis Opportunity Web (Kritik dan Tawaran Alternatif Ivan Illich dalam Deschooling Society). Jurnal Tawadhu, 2(2), 505–525.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.