PEMANFATAN PADLET DIGITAL LIBRARY DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 BONTANG
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v4i1.3230Kata Kunci:
Padlet; Digital Library; Partisipasi siswaAbstrak
Pembelajaran adalah apa yang pada akhirnya membuat perbedaan dalam pikiran pelajar, dan dengan demikian mempengaruhi pengetahuan, keterampilan, sikap dan kapasitas kaum muda untuk berkontribusi pada masyarakat kontemporer (Dahl, 2018). Perbedaan dalam pikiran pelajar ini mendorong guru untuk memperkenalkan metode pengajaran dan pembelajaran yang memanfaatkan Padlet digital library. Padlet adalah aplikasi daring gratis yang paling tepat diilustrasikan sebagai papan tulis daring. Guru dan peserta didik dapat dengan mudah berkomunikasi melalui aplikasi ini baik di dalam atau di luar kelas, juga peserta didik dan guru dapat mengumpulkan dan memberi informasi masing-masing (Biggs, 2020). Penelitian mengenai partisipasi peserta didik dengan memanfaatkan Padlet Digital Library ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang berfokus pada perbaikan kualitas belajar peserta didik. Berdasarkan hasil olah data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang penulis lakukan menunjukkan bahwa Padlet Digital Library dapat meningkatkan partisipasi belajar peserta didik seperti keterlibatan Peserta didik untuk mengembangkan ide dan pengetahuan baru dalam kegiatan pembelajaran, berbagi ide dengan teman, berkolaborasi dan berinteraksi dengan teman.
Referensi
Efendi, A. Dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Mekanika Tanah. Jurnal UNS, (4).
Marfu’ah, S. 2015. Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blog Oleh Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAIslam Hidayatullah Semarang. Jurnal Pendidikan Tarbiah
Nisa, H. 2016. Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum, 10 (No.1 Januari), 49–63.
Rumainur. 2016. Pengembangan Media Ajar Berbasis Multimedia Autoplay Studio 8 Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Ma Bilingual. Jurnal Pendidikan
Setiawan, Ebta. 2019. KBBI Online. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa). Https://Kbbi.Web.Id. 26 Januari 2019
Sri Hermuningsih, & Kristi Wardani. 2016. Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Simulasi Online Tranding Di Bursa Efek Indonesia Di Fakultas Ekonomi. Ekonomi & Bisnis, 17(2), 199–207
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.