RELASI KUASA TERHADAP KONSTRUKSI PENGETAHUAN DI SEKOLAH PERSPEKTIF MICHEL FOUCAULT DAN REFLEKSI ATAS SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA

Penulis

  • Gede Agus Siswadi Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v5i1.3405

Kata Kunci:

Relasi Kuasa, Konstruksi Pengetahuan, Pendidikan Indonesia, Michel Foucault

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kuasa dalam pembentukan konstruksi pengetahuan di lingkungan pendidikan, khususnya pada sistem pendidikan Indonesia, dengan menggunakan perspektif teori Michel Foucault. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan hermeneutik filosofis. Penelitian ini menyoroti bagaimana kuasa berperan sebagai elemen kunci dalam proses konstruksi pengetahuan di sekolah-sekolah. Konsep kuasa Foucault digunakan untuk memahami bagaimana institusi pendidikan, melalui kurikulum, aturan, penilaian, dan struktur kelembagaan, memengaruhi pembentukan pengetahuan yang diterima oleh siswa. Analisis dalam penelitian ini juga menyoroti bagaimana kuasa politik, ideologi, dan nilai-nilai budaya tercermin dalam sistem pendidikan Indonesia, membentuk narasi tertentu dalam kurikulum dan pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kuasa berperan secara signifikan dalam konstruksi pengetahuan di sekolah, dengan pengaruh yang kuat dari faktor-faktor eksternal seperti kebijakan pemerintah, ideologi, dan nilai-nilai budaya. Implikasinya adalah perlunya refleksi kritis terhadap sistem pendidikan Indonesia, dengan menekankan inklusivitas, pluralitas perspektif, dan pemenuhan kebutuhan siswa yang beragam untuk memperkaya konstruksi pengetahuan dalam kurikulum dan proses pembelajaran.

Referensi

Baker, B., & Heyning, K. (2004). Dangerous Coagulations: The Uses of Foucault in the Study of Education. New York: Peter Lang.

Ball S (ed.). (1990). Foucault and Education: Disciplines and Knowledge. London: Routledge.

Ball, S. J. (2017). Foucault as Educator. London: Springer.

Blades, D. (1997). Procedures of Power and Curriculum Change: Foucault and the Quest for Possibilities in Science Education. New York: Peter Lang.

Bushnell, R. (1996). A Culture of Teaching: Early Modern Humanism in Theory and Practice. Ithaca: Cornell University Press.

Cahyani, F. F. (2017). Relasi Kuasa dalam Perubahan Kurikulum 2013. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1).

Deacon, R. (2000). Theory as Practice: Foucault’s Concept of Problematization. Telos, 118:127-142.

Deacon, R. (2002). Truth, Power and Pedagogy: Michel Foucault and the Rise of the Disciplines. Educational Philosophy and Theory, 34:435-458.

Deacon, R. (2005). Moral Orthopedics: A Foucauldian Account of Schooling as Discipline. Telos, 130:84-102.

Deacon, R. (2006). From Confinement to Attachment: Foucault on the Rise of the School. The European Legacy (in press).

Foucault, M. (1988). Madness and Civilization: A History of Insanity in the Age of Reason. Trans. Richard Howard. New York: Vintage Books.

Foucault, M. (2000). Seks dan Kekuasaan: Sejarah Seksualitas. Terj. Rahayu S. Hidayat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama.

Foucault, M. (2002). Archaeology of Knowledge. Trans. Sheridan Smith. London and New York: Routledge.

Foucault, M. (2005). Order of Things: The Archaeology of the Human Sciences. Trans. Tavistok/Routledge. London and New York: Routledge.

Gutting, G. (2005). Foucault: A Very Short Introduction. New York: Oxford University Press.

Ilham, F. M. (2020). Relasi Kuasa Guru dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Paradigma Universitas Negeri Surabaya, 9(2).

Jardine, G. M. (2005). Foucault and Education. New York: Peter Lang Publishing, Inc.

Olssen, M. (1999). Michel Foucault: Materialism and Education. London: Bergin and Garvey.

Siswadi, G. A. (2023a). Konsep Kebebasan dalam Pendidikan Perspektif Rabindranath Tagore dan Relevansinya Bagi Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(02), 97-108, 2(02), 97–108.

Siswadi, G. A. (2023b). Merayakan Kemerdekaan dalam Belajar. Badung: Nilacakra.

Tamboukou, M. (2003). Women, Education and the Self: A Foucauldian Perspective. New York: Palgrave Macmillan.

Walshaw, M. (2007). Working with Foucault in Education. Rotterdam: Sense Publisher.

Unduhan

Diterbitkan

01.05.2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 324 times