Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar di Desa Kuwum, Kabupaten Badung

Penulis

  • Ni Nyoman Arini Universitas Triatma Mulya
  • Ni Putu Yunik Anggreni
  • Virgia Ratna Devi
  • I Dewa Ayu Riskya Jayanti Kumala Dewi
  • Ni Made Yulia Chrisanti
  • I Putu Ardimahada
  • Ida Bagus Gede Bayu Krisna Atmaja
  • Kadek Erna Parniti
  • Ni Putu Intan Supradnyani
  • I Putu Wahyu Adi Ananta
  • I Made Rudi Hadi Swarna

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i2.3882

Kata Kunci:

inovatif, motivasi belajar, bahasa inggris

Abstrak

Meningkatkan minat belajar bahasa Inggris di kalangan siswa sekolah dasar sangat penting untuk mendukung pertumbuhan pariwisata di Desa Kuwum. Metode pembelajaran inovatif yang diterapkan untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Inggris mencakup belajar sambil bermain atau permainan edukatif, membuat mading, membuat prakarya tempat pensil, prakarya celengan, prakarya pigura foto, kegiatan mewarnai, dan menyusun puzzle. Salah satu tantangan terbesar dalam mengajar bahasa Inggris kepada siswa sekolah dasar adalah menjaga siswa tetap terlibat dan termotivasi. Kegiatan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan literasi, minat siswa dalam belajar bahasa Inggris, dan mengembangkan model pembelajaran inovatif. Hasil yang diperoleh selama kegiatan mengajar adalah siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam belajar bahasa Inggris, siswa menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan barang bekas, dan mampu bekerja sama dengan teman-temannya dalam menyusun puzzle. Kegiatan pembelajaran inovatif ini mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris di SD Desa Kuwum. Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Triatma Mulya telah menerapkan metode pengajaran yang interaktif dan menarik, menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, dan menyesuaikan pembelajaran dengan minat dan kebutuhan siswa.

Referensi

Anggraini, W., & Putri, A.D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114.

Burton, W.H. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Krisnawan, G.N.A. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android. Prosiding Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, 86, 955-960.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (edisi revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniati, K. N., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1873-1892.

Novitasari, Y., Filtri, H., & Herdi. (2020). Media Pembelajaran Bernilai Ekonomis Berbasis Recycle System untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1-7.

Ratminingsih, N.M., Artini, L.P., Santosa, M.H., & Adnyani, L.D.S. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Abad 21. PT. Raja Grafindo Persada-Rajawali Pers.

Setianingrum, R. (2018). Pengelolaan Sampah Dengan Pola 3 R Untuk Memperoleh Manfaat Ekonomi Bagi Masyarakat. Jurnal Berdikari, 6(2), 173-183.

Zulfa, R. A. A., & Utami, H. T. (2021). Upaya peningkatan pembelajaran bahasa inggris melalui lagu dan permainan edukatif pada siswa SD Negeri Nusamangir. Journal of Education and Teaching, 3(1), 51-59.

Unduhan

Diterbitkan

29-09-2024

Cara Mengutip

Ni Nyoman Arini, Anggreni, N. P. Y., Virgia Ratna Devi, Jayanti Kumala Dewi, I. D. A. R., Ni Made Yulia Chrisanti, I Putu Ardimahada, Krisna Atmaja, I. B. G. B. ., Kadek Erna Parniti, Supradnyani, N. P. I. ., Adi Ananta, I. P. W., & Hadi Swarna, I. M. R. . (2024). Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar di Desa Kuwum, Kabupaten Badung. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 75–85. https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i2.3882

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 35 times

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.