Pelestarian Budaya Bali Serta Pembelajaran Bahasa Asing di Daerah Pariwisata Batur Tengah Kintamani
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i1.3599Kata Kunci:
Pendidikan, Budaya, Desa Batur TengahAbstrak
Pendidikan yang baik dan merata dikalangan masyarakat dalam suatu negara akan membantu memecahkan berbagai masalah sosial seperti: kebodohan dan kemiskinan sehingga masyarakat memperoleh kehidupan yang stabil dan terarah. Di Indonesia sendiri pemerintah dan masyarakat masih mengalami berbagai tantangan dalam upaya peningkatan Pendidikan sehingga menyebabkan berbagai masalah. Setelah mengadakan pertemuan antara anggota Kelompok VIII dengan Kepala Desa Batur Tengah memperoleh kesepakatan bahwa topik-topik pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan yakni Bahasa Bali, Bahasa Inggris, dan Pasraman Kilat. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa dari yang Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dan Universitas Islam Walisongo Semarang, yang tergabung dalam KKN Nusantara Terbatas III Kelompok VIII. Salah satu jenis program kerja yang terah dirancang oleh Kelompok VIII adalah kegiatan mengajar yang dilakukan di SD Negeri 2 Batur dan SD Negeri 7 Batur. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut telah terlaksana sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat serta tahapan kegiatan yang telah direncanakan. Peserta telah diberikan edukasi mengenai Pendidikan dan Budaya. Hasil kegiatan yang diperoleh adalah peserta memahami dengan baik materi yang disampaikan, serta mampu membuat beberapa perangkat upacara Hindu, yaitu: Canang Sari, Kwangen, Kulit Tipat, Karawista, dan Pancak. Hal ini akan dapat digunakan sebagai pengalaman tambahan serta secara tidak langsung diharapkan kecintaan anak-anak terhadap budaya Bali menjadi lebih meningkat.
Referensi
Andriani, R., & Afidah, M. (2020). Evaluasi Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen An Evaluation on Implementation of Community Service Program by Lecturers of Universitas Lancang Kuning. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 271–278.
Budiutomo, T. W. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penilaian Proses Belajar Mengajar. Academy of Education Journal, 6(1), 52–64. https://doi.org/10.47200/aoej.v6i1.125
Gede, L., Kartika, S., Arini, N. W., Adimerta, M. P., & Nyuhtebel, D. (2023). Membangun Keluarga Sukinah melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi Keluarga di Desa Nyuhtebel Kabupaten Karangasem. 02(01), 69–78.
Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913
Ibrahim, R. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 1–26.
No, D. U., Sisdiknas, T., & Masnu, S. (2003). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM. 9(20), 115–130.
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Widiastini, N. M. A., Andiani, N. D., & Agustini Karta, N. L. P. (2018). Pelatihan Pembuatan Cenderamata Sebagai Produk Wisata Bagi Masyarakat Pedagang Acung Di Desa Batur Tengah. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 21(11), 31–41. https://doi.org/10.20961/jkb.v21i11.20838
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.