Pelatihan Permainan Tradisional Anak Usia Dini Di TK Kartika VII-14

Penulis

  • Elizabeth Prima Universitas Dhyana Pyra
  • Putu Indah Lestari

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i2.2402

Kata Kunci:

pelatihan, permainan tradisional, anak usia dini

Abstrak

Kegiatan belajar pada anak prasekolah umumnya mengikuti prinsip belajar sambil bermain. Aspek pertumbuhan dan perkembangan anak prasekolah dapat terstimulasi ketika bermain. Tradisional games merupakan permainan yang dapat diterapkan bagi anak prasekolah. Tradisional games berasal dari local genius di tiap-tiap daerah. Permainan tradisional dapat diperkenalkan pada anak prasekolah dalam proses belajar di sekolah, dimana permainan tradisional membantu anak mengembangkan keterampilan seperti keterampilan bekerja sama, sportivitas, berstrategi, selain itu mampu mengembangkan ketangkasan seperti berlari, meloncat, keseimbangan serta membangun karakter. Namun, permasalahan yang dihadapi mitra yaitu TK Kartika VII-14 ialah terbatasnya pengetahuan guru akan permainan tradisional bagi anak sehingga belum dimainkan dalam kegiatan belajar di sekolah. Dengan demikian, Tim PKM menawarkan solusi yaitu workshop permainan tradisional bagi guru-guru TK Kartika VII-14. Hasil dari workshop tradisional games yang dilakukan yaitu peningkatan pengetahuan 27% setelah terlaksananya workshop. Workshop tradisional games memberikan peningkatan keterampilan bermain tadisional games sebanyak 7 dari 8 guru dinyatakan terampil dan sangat terampil. Respon dari guru-guru sebanyak 90% menyatakan menanggapi positif akan program kemitraan masyarakat yang berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru akan tradisional games.

Referensi

Adawiyah, W. N., Mulyana, E. H., & Elan. (2020). Pengembangan Dasar Kebutuhan Rencana Kegiatan Pembelajaran Beroroentasi Sains Pada Sub Tema Air Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Mengamati Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 324–336. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/30451/13517

Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED/article/view/466/196

Hapidin, & Yenina. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/133/90

Noffia, I., & Margaretha. (2015). Mengembangkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini, 5(2), 112–120. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10526/6504

Pangestika, R. R., & Yansaputra, G. (2019). Permainan Tradisional Edukatif Sebagai Metode Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 301–312. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1032

Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Pengaruh Implementasi Permainan Tradisional Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. In N. W. Nursini, I. G. D. Widardananda, G. W. N. Utami, & N. K. Y. Sari (Eds.), Sintesa (pp. 173–180). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Dhyana Pura. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1691

Susanto, D., & Susanto, M. R. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Permainan Tradisional Dolanan Anak Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Usia Dini. Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi, Dasar Dan Menengah, 152–160. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmpd/article/view/3031

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional Dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma:, 2(3), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9088

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Prima, E., & Putu Indah Lestari. (2023). Pelatihan Permainan Tradisional Anak Usia Dini Di TK Kartika VII-14. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i2.2402

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 60 times