Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pelaku Pariwisata Dengan Metode Communicative Language Teaching di Desa Wisata Penglipuran Bangli
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i2.2490Kata Kunci:
pariwisata, komunikatif, bahasa inggrisAbstrak
Dalam upaya mengembangkan pariwisata, tidak hanya terkait sarana dan prasarana, tapi juga perlu didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten salah satunya mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki oleh sebagian pelaku wisata di Desa Penglipuran tergolong mampu berkomunikasi namun masih kurang berdasarkan pada hasil pre-test yang diberikan. Masih terdapat kesulitan yang dihadapi baik dalam hal mendengar ucapan berbahasa Inggris, pemahaman terhadap bacaan bahasa Inggris, kemampuan untuk menyusun kalimat bahasa Inggris, serta mengutarakan ide dalam berbicara bahasa Inggris. Dengan demikian, pelatihan bahasa Inggris tetap diperlukan guna meningkatkan kualitas mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan berupa pemaparan teori dan praktik. Metode yang digunakan adalah Communicative Langauge Teaching (CLT). Kegiatan berlangsung selama 10 kali pertemuan dengan tahapan kegiatan mencakup warmer, kegiatan inti (speaking, writing, reading dan listening) dan terakhir adalah evaluasi. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa kegitan sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dibagikan kepada peserta pelatihan. Seluruhnya mendapatkan respon yang baik dari peserta pelatihan. Kemampuan bahasa Inggris peserta juga mengalamai peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan kepada peserta.
Referensi
Aulia, V., Maulida, H., Kuzairi, K., & Saputra, I. H. (2017). Pelatihan Penggunaan Bahasa Inggris Untuk Pariwisata (English for Tourism) Bagi Siswa Smkn 4 Banjarmasin. J-ABDIPAMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v1i1.78
Brown, H. D. (2001). Teaching by principles: An Interactive approach to language pedagogy. Addison Wesley Longman, Inc.
Damayanti, L. S. (2019). Peranan Keterampilan Berbahasa Inggris Dalam Industri Pariwisata. Journey, 2(1), 71–82.
Dornyei, Z. (2001). Motivational strategies in the English classroom. Cambridge University Press.
Menggo, S., Su, Y. R., & Taopan, R. A. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata Di Desa Wisata Meler. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 85. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.34908
Menpar: SDM Unggul Jadi Kunci Suksesnya Pembangunan Pariwisata. (2019). Kumparan.Com. https://kumparan.com/kumparantravel/menpar-sdm-unggul-jadi-kunci-suksesnya-pembangunan-pariwisata-1rhECatUnyc/full
Permana, D., Qomariyah, S. S., & Rizka, M. A. (2020). Pelatihan Keterampilan Berkomunikasi Bahasa Inggris Bagi Pramusaji Kedai di Kawasan Wisata Aik Berik. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2546
Promosi, S. (2021). Dinobatkan sebagai Destinasi Terpopuler Dunia, Kadis Pariwisata : Mari Komit Menjaga Pariwisata Budaya Bali yang Berkualitas dan Berkelanjutan. Https://Disparda.Baliprov.Go.Id/. https://disparda.baliprov.go.id/dinobatkan-sebagai-destinasi-terpopuler-dunia-kadis-pariwisata-mari-komit-menjaga-pariwisata-budaya-bali-yang-berkualitas-dan-berkelanjutan/2021/02/
Susanti, L. E., Luh, N., & Ayu, M. (2022). CADDY GOLF DI NEW KUTA GOLG , Bahasa Inggris Pariwisata Untuk Candy Golf Di New Kuta Golf , Pecatu , 136-140. Sabangka Abdimas, 01(02), 136–140.
Wirawan, I. G. N. et al. (2023). PELATIHAN BAHASA INGGRIS PARIWISATA. Jurnal Warta Desa, 5(1), 30–35. https://doi.org/10.29303/jwd.v5i1.217
Yenni, E., Tenerman, T., & Sinaga, C. N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Masyarakat Lokal terhadap Pariwisata Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 83–87. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i2.78
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.