Teaching the Beburon Dictionary in Balinese Language and Script in Salupangkang Village
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i2.4024Kata Kunci:
Balinese language, cultural identity, interactive learning mediaAbstrak
Bahasa Bali memiliki peran penting dalam menjaga identitas kultural masyarakat Bali, berfungsi sebagai alat komunikasi dan simbol kebersamaan. Namun, tantangan dalam menjaga eksistensi bahasa ini di kalangan generasi muda semakin nyata, terutama di wilayah transmigrasi. Program KKN Nusantara IV berusaha mengatasi tantangan ini melalui inovasi "Kamus Beburon Berbahasa dan Beraksara Bali," yang dirancang sebagai media pembelajaran interaktif menggunakan Powerpoint. Kamus ini memadukan elemen visual dan multimedia untuk menciptakan pengalaman belajar yang dinamis dan relevan, sehingga dapat meningkatkan minat anak-anak terhadap bahasa dan aksara Bali. Implementasi kamus ini di Desa Salupangkang menunjukkan hasil positif, dengan meningkatnya keterlibatan dan pemahaman siswa. Inovasi ini membuktikan bahwa pendekatan pendidikan berbasis teknologi dapat efektif dalam melestarikan warisan budaya di tengah arus modernisasi.
Referensi
Aditama, P. W. (2020). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Bali Berbasis Interaktif Multimedia. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(1). https://doi.org/10.51172/jbmb.v1i1.105
Aditya, N., Ramadani, I., Nabillah, W., & Nasution, A. R. (2023). Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.42
Ardyaningtyas, R. (2023). Basabali Wiki, Penggunaan Website Kamus Digital Sebagai Langkah untuk Melestarikan Bahasa Bali. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.6052
Gotama, P. A. P. (2022). Strategi Pemertahanan Bentuk Leksikal Numeralia Bahasa Bali. LAMPUHYANG, 13(1). https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.88
Haliza, N., Hajari, V., Amirah Khairi, U., Dimas Jayadi, M., Kom, M., Ekonomi Dan Bisnis Islam, F., William Iskandar Ps, J. V, Estate, M., Precut Sei Tuan, K., Deli Serdang, K., & Utara Korespondensi Penulis, S. (2022). Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint Yang Menjadi Penunjang Dalam Bidang Pendidikan Dan Perusahaan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, Dan Manajemen (JIKEM), 2(2).
Mastini, G. N. (2020). Rasa Bahasa Dalam Bahasa Bali. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 9(2). https://doi.org/10.25078/klgw.v9i2.1231
Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah- Syari`ah-Islamiyah, 26(1).
P.Sosiawan, I.N. Martha, & I.W. Artika. (2021). Penggunaan Bahasa Bali Pada Keluarga Muda Di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i1.403
Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1).
Putriyani Dewi, N. L. PT. (2022). Eksistensi Bahasa Bali Di Era Industri 4.0: Merubah Tantangan Menjadi Peluang. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 12(2). https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i2.1668
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.