Peningkatan Pengalaman Belajar Siswa Melalui Pendampingan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 12 Pemecutan
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i2.3042Kata Kunci:
pembelajaran , tematikAbstrak
Artikel ini mengulas pengabdian masyarakat tentang peningkatan pengalaman belajar siswa melalui pendampingan pembelajaran tematik di SD N 12 Pemecutan. Sekolah tersebut dipilih karena memang menglami kendala dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas. Seperti kurangnya anatusiasme belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, hingga kurang optimalnya pemahaman terhadap materi yang sudah dibahas dalam pembelajaran tatap muka terbatas. Kegiatan yang difokuskan untuk pembelajaran tematik di kelas V ini, bertujuan untuk mengdukasi peserta didik serta memberikan pengalaman belajar baru, meningkatkan kualitas pendidikan, serta meningkatkan mutu pendidikan pada pembelajaran tatap muka terbatas. Pendampingan pembelajaran tematik yang dilakukan oleh tim ialah dengan membuat program kerja yang mampu membangkitkan dan membantu kesulitan yang dihadapi siswa kelas V DI SD N 12 Pemecutan. Tim memfokuskan pendampingan pembelajaran tematik pada mata pelajaran Pkn, Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika. Pengabdian ini tim juga mengajarkan gerakan Yoga yang bisa langsung dipraktekkan oleh peserta didik, sehingga dapat menjaga kesehatan. Tim juga membuat program belajar di bidang teknologi yang mempu meningkatkan pengetahuan peserta didik, yakni dengan menggunakan aplikasi Quiziz dan video pembelajaran. Tim juga membuat program kerja yang dapat mengoptimalkan sarana dan prasarana di sekolah tersebut. Berdasarkan seluruh kegiatan yang sudah dilakukan, terdapat perubahan yang sudah terjadi pada proses belajar mengajar di SD N 12 Pemecutan, seperti menigkatkanya antusiasme hingga keaktifan belajar peserta didik, hingga bertambahnya pengalaman guru di sekolah tersebut.
Referensi
Ardiansyah. (2022). Peran Guru pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4583–4589.
Hapsari, E. E. (2019). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 850–860.
Jatiyasa, I. W. (2022). Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 di Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu. Jurnal Lampuhyang, 13(1), 30–49.
Jaya, I. K. M. A. (2021). Peran Guru IPS Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri. Sang Acarya: Jurnal Profesi Guru, 2(1), 22–33.
Jaya, I. K. M. A. (2023). Survey of learning motivation of elementary school students starting face-to-face learning after the covid 19 pandemic in Bangli regency. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 7(2), 115–125.
Linda, R. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sain Indonesia, 9(2), 191–200.
Maknun, L. (2022). Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 684–691.
Mutiani. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 704–709.
Nurcahyani, M. R. (2022). Analisis Pembelajaran Tematik Kelas IV pada Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 5674–5684.
Purwanti. (2022). Pembelajaran Tematik Terintegrasi pada Siswa Slow Learner Saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(3), 3575–3583.
Rejeki. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.