BBDSM Belajar Mapel SD : Basa Basi dengan Si Manis (Belajar Asik Belajar Santai dengan Simpel, Inovatif, Menyenangkan dan Humanis) di SD N 1 Takmung

Belajar Mapel SD : Basa Basi dengan Si Manis (Belajar Asik Belajar Santai dengan Simpel, Inovatif, Menyenangkan dan Humanis) di SD N 1 Takmung

Penulis

  • Ni Made Muliani
  • Ida Bagus Komang Sindu Putra Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Anak Agung Diah Indrayani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Trisnadewi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Sukma Muniksu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Kadek Widiantana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Gede Tilem Pastika Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i2.2530

Kata Kunci:

Basa Basi, Si Manis, SD N 1 Takmung

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak kepada dunia pendidikan, murid-murid sekolah dasar harus menjalani pembelajaran secara online. Pembelajaran online tentunya menjadi hal yang baru bagi sebagian besar pelajar, pembelajaran ini seharusnya dapat menjadi alternatif dalam membantu penyampaian materi oleh guru selain juga menjadi daya tarik siswa untuk menjadi lebih semangat dalam belajar di rumah. Tim pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Dharma Acarya UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar ingin membantu siswa sekolah dasar untuk memiliki pengalaman belajar yang asik, santai, simpel, menyenangkan, inovatif dan humanis melalui video. Harapannya, siswa memiliki pemahaman materi secara mendalam, tetapi proses belajar dilakukan dengan asik, santai dan menyenangkan melalui video pembelajaran yang menarik dan langsung dapat dipraktekkan oleh siswa serta terdapat reward bagi siswa yang aktif dalam mengikuti setiap pelajaran. Materi yang diberikan juga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran selanjutnya oleh para guru. Metode dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pembelajaran daring untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Bali, Bahasa Inggris, IPA dan Seni yang menggunakan media berupa video dengan asik, santai, simpel, menyenangkan, inovatif dan humanis. Hasil kegiatan ini adalah Pembelajaran daring Basa Basi dengan Si Manis yang menggunakan media berupa video pembelajaran untuk Mapel SD kepada siswa kelas V SD N 1 Takmung dapat memberikan hasil belajar yang positif serta Kesan baik diperoleh dari siswa kelas V SD N 1 Takmung setelah memperoleh pembelajaran daring Basa Basi dengan Si Manis.

 

Referensi

Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., Sukamaju, S., Sukamaju, K., Barat, P. B., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., & Cimahi, K. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 02(05), 5. http://rumahlaili.blogspot.com/

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102. https://core.ac.uk/download/pdf/229997374.pdf

Hadijah, S. (2016). Teaching by using video: Ways to make it more meaningful in EFL classrooms. Proceedings of the Fourth International Seminar on English Language and Teaching ISELT-4, October, 307–315.

Indawati, N., Sari, Y. I., & Susanti, N. E. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Aktivitas Pembelajaran Daring. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 7(2), 168–179.

Khasanah, Y. N., & Ichsan, I. (2019). Meningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 69–84. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-07

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Rusydi Ananda. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan (C. Wijaya (ed.)). Perdana Publishing.

Susanti, R. D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Pantomim Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Jetis Bantul Tahun Ajaran 2019/2020. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, 1–23.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wisnoe Moerti. (2021). Data Terkini Korban Virus Corona di Indonesia pada Maret 2021. In Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terkini-korban-virus-corona-di-indonesia-pada-maret-2021.html

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Muliani, N. M., Putra, I. B. K. S. ., Indrayani , A. A. D. ., Trisnadewi, K. ., Muniksu, I. M. S., Widiantana, I. K. ., Pastika, I. G. T. ., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). BBDSM Belajar Mapel SD : Basa Basi dengan Si Manis (Belajar Asik Belajar Santai dengan Simpel, Inovatif, Menyenangkan dan Humanis) di SD N 1 Takmung: Belajar Mapel SD : Basa Basi dengan Si Manis (Belajar Asik Belajar Santai dengan Simpel, Inovatif, Menyenangkan dan Humanis) di SD N 1 Takmung. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 169–179. https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i2.2530

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 70 times