Peningkatan Kesadaran Toleransi Melalui Seminar Moderasi Beragama di Desa Batur Utara
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i1.3073Kata Kunci:
Toleransi, Moderasi Bergama, Batur UtaraAbstrak
Indonesia merupakan negara dengan keragaman suku, budaya, etnis, bahasa, dan agama yang hampir tidak ada tandingannya di dunia. Keragaman ini adalah takdir yang diberikan oleh Tuhan untuk diterima sebagai anugrah. Dalam konteks ini, moderasi beragama muncul sebagai pendekatan yang dianggap penting untuk merawat anugrah yang telah Tuhan berikan, sekaligus memfasilitasi dialog dan kerjasama antar umat beragama. Hal tersebut yang melatar belakangi kegiatan seminar moderasi beragama di Desa Batur Utara Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Peserta kegiatan ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari mahasiswa, Pemuda Lintas Agama, dan Masyarakat Umum. Harapannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya moderasi beragama dan membangun kerjasama serta menciptakan ruang dialog yang terbuka dan berkelanjutan. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa 25 Juli 2023 di Balai Serbaguna Desa Batur Utara dengan narasumber I Wayan Sudarma, M. Si dan Hadi Purwanto, S. Ag. Kegiatan dilaksanakan secara klasik dengan menghadirkan peserta dan narasumber berada pada lokasi yang sama, dimana narasumber menyampaikan materi kemudian dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab. Secara keseluruhan kegiatan ini memberikan pandangan yang baru dan komprehensif kepada seluruh peserta yang hadir di Balai Serbaguna Desa Batur Utara mengenai moderasi beragama.
Referensi
Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 112-113.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam Vol 12 No.1, 326.
Madjid, N. (2009). Cendekiawan dan Religiusitas Masyarakat. Jakarta: Penerbit Paramadina.
Rifki, R. D. (2021). Toleransi Beragama dan Harmonisasi Sosial. Bandung: Penerbit Lekkas.
Muna, C., & Lestari, P. (2023). Penguatan Agama Dan Wawasan Budaya Sebagai Upaya Dalam Menumbuhkan Spirit Moderasi Beragama. AL-AFKAR: journal for Islamic Studies, 243.
Nugraha, D., Ruswandi, U., & Erihadana, M. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 140.
Muchit, S. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Moderasi Beragama. PT. Nas Media Pustaka.
Sa'diyah, M. K., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Mengenai Keragaman Budaya Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7705.
Kuncoro, A. T. (2019). Penguatan Nilai Moderasi dan Kultural Beragama bagi Umat Islam dalam Kehidupan Berbangsa. Proceeding Conference on Islamic Studies (CoIS), (p. 99).
Muda, K., & Mohd Tohar, S. A. (2020). Definisi, Konsep dan teori Toleransi Beragama. Sains Insani 5, 1.
Puspita, P. (2017, Maret 17). Sekar Jagat, Tarian Penyambutan dari Bali. Retrieved from Bobo.id: https://bobo.grid.id/read/08673761/sekar-jagat-tarian-penyambutan-dari-bali?page=all
Pajarianto, Hadi, Pribadi, I., & Sari, P. (2022). Tolerance Between Religions Throught The Role of Local Wisdom and Religious Moderation. HTS Teologiese Studies, 7043.
Burley, M. (2020). Narrative Philosophy of Religion: Appologetic and Pluralisyic Orientations. International Journal for Philosophy of Religion, 5.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.