Peningkatan Kesadaran Toleransi Melalui Seminar Moderasi Beragama di Desa Batur Utara

Penulis

  • Ahmad Faisal Huda UIN Walisongo
  • Imam Mawardi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Ivan Zulkarnen Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i1.3073

Kata Kunci:

Toleransi, Moderasi Bergama, Batur Utara

Abstrak

Indonesia merupakan negara dengan keragaman suku, budaya, etnis, bahasa, dan agama yang hampir tidak ada tandingannya di dunia. Keragaman ini adalah takdir yang diberikan oleh Tuhan untuk diterima sebagai anugrah. Dalam konteks ini, moderasi beragama muncul sebagai pendekatan yang dianggap penting untuk merawat anugrah yang telah Tuhan berikan, sekaligus memfasilitasi dialog dan kerjasama antar umat beragama. Hal tersebut yang melatar belakangi kegiatan seminar moderasi beragama di Desa Batur Utara Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Peserta kegiatan ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari mahasiswa, Pemuda Lintas Agama, dan Masyarakat Umum. Harapannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya moderasi beragama dan membangun kerjasama serta menciptakan ruang dialog yang terbuka dan berkelanjutan. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa 25 Juli 2023 di Balai Serbaguna Desa Batur Utara dengan narasumber I Wayan Sudarma, M. Si dan Hadi Purwanto, S. Ag. Kegiatan dilaksanakan secara klasik dengan menghadirkan peserta dan narasumber berada pada lokasi yang sama, dimana narasumber menyampaikan materi kemudian dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab. Secara keseluruhan kegiatan ini memberikan pandangan yang baru dan komprehensif kepada seluruh peserta yang hadir di Balai Serbaguna Desa Batur Utara mengenai moderasi beragama.

Referensi

Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 112-113.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam Vol 12 No.1, 326.

Madjid, N. (2009). Cendekiawan dan Religiusitas Masyarakat. Jakarta: Penerbit Paramadina.

Rifki, R. D. (2021). Toleransi Beragama dan Harmonisasi Sosial. Bandung: Penerbit Lekkas.

Muna, C., & Lestari, P. (2023). Penguatan Agama Dan Wawasan Budaya Sebagai Upaya Dalam Menumbuhkan Spirit Moderasi Beragama. AL-AFKAR: journal for Islamic Studies, 243.

Nugraha, D., Ruswandi, U., & Erihadana, M. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 140.

Muchit, S. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Moderasi Beragama. PT. Nas Media Pustaka.

Sa'diyah, M. K., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Mengenai Keragaman Budaya Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7705.

Kuncoro, A. T. (2019). Penguatan Nilai Moderasi dan Kultural Beragama bagi Umat Islam dalam Kehidupan Berbangsa. Proceeding Conference on Islamic Studies (CoIS), (p. 99).

Muda, K., & Mohd Tohar, S. A. (2020). Definisi, Konsep dan teori Toleransi Beragama. Sains Insani 5, 1.

Puspita, P. (2017, Maret 17). Sekar Jagat, Tarian Penyambutan dari Bali. Retrieved from Bobo.id: https://bobo.grid.id/read/08673761/sekar-jagat-tarian-penyambutan-dari-bali?page=all

Pajarianto, Hadi, Pribadi, I., & Sari, P. (2022). Tolerance Between Religions Throught The Role of Local Wisdom and Religious Moderation. HTS Teologiese Studies, 7043.

Burley, M. (2020). Narrative Philosophy of Religion: Appologetic and Pluralisyic Orientations. International Journal for Philosophy of Religion, 5.

Unduhan

Diterbitkan

30-03-2024

Cara Mengutip

Faisal Huda, A., Mawardi, I., & Zulkarnen, I. (2024). Peningkatan Kesadaran Toleransi Melalui Seminar Moderasi Beragama di Desa Batur Utara. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i1.3073

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 29 times