Penguatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD N 28 Parlondut

Penulis

  • Yolanda Sinaga uhn
  • Maria Olivia Christina Sianipar Universitas HKBP Nommensen
  • Tutiarny Naibaho Universitas HKBP Nommensen
  • Ade Bagus Tegar Prabawa Universitas Hindu I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i1.1868

Kata Kunci:

Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan, suatu bangsa dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu memperbaiki masa depan bangsa. Pendidikan harus dijadikan sebagai prioritas seiring pesatnya kemajuan zaman dan teknologi agar mampu bersaing secara internasional. Dunia pendidikan mendapat imbas yang cukup besar di masa pandemi Covid-19. Proses belajar mengajar di sekolah-sekolah yang terdampak pandemi tidak dapat dilaksanakan secara maksimal karena terbatasnya akses dan interaksi antar pendidik dan peserta didik. Hal ini membuat Kemendikbud mencetuskan Program Kampus Mengajar yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP di daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan) dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran program ini adalah SD N 28 Parlondut yang terletak di Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Program dilakukan selama satu semester dengan berfokus pada penguatan literasi dan numerasi di sekolah sasaran. Mahasiswa akan mengamati permasalahan yang ada dan akan berkoordinasi dengan tenaga pendidik di sekolah sasaran untuk merancang gagasan serta perbaikan yang perlu dilakukan. Program ini membantu sekolah, guru, peserta didik, dan mahasiswa dalam mengembangkan wawasan, keterampilan serta menumbuhkan motivasi untuk berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan Indonesia.

Referensi

Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana & Helmawati. (2021). Kebijakan pendidikan di masa pandemi. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1-6. https://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation/article/view/3338/2301

Ansori, A., Sari, A.F. (2020). Inovasi pendidikan di masa pandemi covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133-148. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3735/2750

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan I program merdeka belajar kemdikbud di sekolah dasar. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1-8. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/SevanamPM/issue/view/129

Tobing, E, dkk. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022. Kampus Mengajar, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 1-63.

Unduhan

Diterbitkan

01-03-2023

Cara Mengutip

Sinaga, Y., Sianipar, M. O. C. ., Naibaho, T. ., & Prabawa, A. B. T. . (2023). Penguatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD N 28 Parlondut. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58–68. https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i1.1868

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 158 times