Pendampingan Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Abiansemal

Penulis

  • Ni Made Ayu Suryaningsih Universitas Dhyana Pura
  • I Made Elia Cahaya
  • Christiani Endah Poerwati

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i2.2338

Kata Kunci:

Pendampingan, Projek, Profil Pancasila

Abstrak

TK Widya Sari dan TK Widya Kumara merupakan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berada dibawah Yayasan Swadarma Karya, Desa Darmasaba, Abiansemal. Kedua lembaga telah mengambil peran yang penting dalam kemajuan pendidikan anak usia dini di Desa Darmasaba sejak tahun 1975 hingga saat ini. Dalam menatap tantangan perkembangan zaman ke depan kedua lembaga selalu berusaha dalam mengikuti perubahan yang terjadi terutama terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, termasuk pemberlakuan kurikulum baru “Merdeka Belajar”. Pengimplementasian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada tingkat pendidikan anak usia dini merupakan bagian dari kurikulum merdeka. Kedua mitra memiliki kemauan yang kuat untuk menekuni dan melaksanakan P5 ini, namun belum memiliki gambaran dalam pengimplementasiannya. Hal tersebut menginisiasi kami untuk mengadakan program pendampingan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan melalui workshop pemberian materi dan pelatihan dalam implementasi kegiatan projek penguatan profil pancasila. Kesimpulan yang didapatkan pada akhir program yakni adanya peningkatan kemampuan mitra dalam menyusun rencana pembelajaran dengan kurikulum merdeka belajar meningkat dari pretes yang memperoleh rata-rata 50 menjadi 78,75 pada posttes, penerapan metode projek untuk penguatan Profil Pancasila pada pretes menunjukan rata-rata 57,5 meningkat pada posttes menjadi 88,75 dan pengimplementasian model pembelajaran projek untuk penguatan Profil Pancasila menunjukan hasil yang baik.

Referensi

Arleen Amidjaja; Anna Farida Kurniasari; Ni Ekawati (2021) Belajar dan Bermain Berbasis Buku.

Dewi, M. R. (2022) ‘Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka’, Ejournal UPI, 19(2), pp. 213–226.

Eko (2022) ‘Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD #5 Diikuti 107 Dinas Pendidikan dari Indonesia Timur’, Paudpedia.Kemdikbud. Available at: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/berita/sosialisasi-implementasi-kurikulum-merdekadi-satuan-paud-5-diikuti-107-dinas-pendidikan-dari-indonesia-timur?id=821&ix=11.

Kebudayaan, K. P. dan (2020) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Available at: BN.2020/No.555, jdih.kemdikbud.go.id.

Mbawo, F. et al. (2022) Pendidikan dan Pembinaan Ideologi Pancasila Buku Panduan Guru:Inspirasi Kegiatan untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: Penerbitan bersama antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Prameswari, T. W. (2020) ‘Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045’, Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara, 1, pp. 76–86.

Purnama, B. J. (2022) ‘Workshop Teknik Kelompok sebagai Strategi Efektif Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Penilaian’, Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), pp. 308–316. doi: 10.51169/ideguru.v7i3.445.

Safitri, A., Wulandari, D. and Herlambang, Y. T. (2022) ‘Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia’, Jurnal Basicedu, 6(4), pp. 7076–7086. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3274.

Sulistyati, D. M. (2021) Proyek Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Waluyati, M. (2020) ‘Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar’, Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), p. 80. doi: 10.23887/jeu.v8i1.27089.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Suryaningsih, N. M. A., Cahaya, I. M. E., & Endah Poerwati, C. (2023). Pendampingan Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Abiansemal. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103–113. https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i2.2338

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 136 times