Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten bagi pelaku UMKM sebagai Upaya Promosi di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1025Kata Kunci:
UMKM, foto, produkAbstrak
Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengenai pembuatan foto produk yang akan digunakan sebagai upaya memperkenalkan produk melalui di media sosial. Materi Pendampingan dan pelatihan diawali dengan materi yang mengupas pentingnya penggunaan media sosial sebagai media promosi dan materi yang terkait dengan membuat foto produk dengan menggunakan peralatan yang sederhana dan mengemas foto produk dengan aplikasi Pixlr. Penggunaan aplikasi Pixlr ini agar hasil foto produk yang dijadikan konten mempunyai nilai yang lebih menarik. Pelaksanaan pendampingan diberikan pada anggota UMKM Laras manunggal Kecamatan Sedayu. Metode pelaksanaan diawali dengan melakukan komunikasi dengan pengurus paguyuban Laras Manunggal terutama mengenai kebutuhan yang diperlukan anggota paguyuban dalam pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Hasil komunikasi ini dilanjutkan dengan kuesioner untuk memetakan pemahaman anggota yang terkait dengan media sosial. Hasil dari kegiatan ini diantara peserta mendapatkan materi membuat foto produk yang dilakukan langsung dengan praktik dan evaluasi konten yang dibuat.
Referensi
Aditya Wicaksono Irawan, Yusufianto, A., Agustina, D., & Dean, R. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Vol. 2020). https://apjii.or.id/survei
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32
Hardiyanto, D., Sholeh, M., & Rachmawati, R. Y. (2020). Optimization of information technology utilization based on geography information system as a marketing media for micro, small, and medium enterprises to improve competitiveness in Bantul Regency, Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 807(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/807/1/012010
Khoiro, F., Rachma, N., Hufron, M., & Manajemen, P. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketting Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Konsumen Warung Siji House and Resto Malang ). e – Jurnal Riset Manajemen, 9(25), 140–153. www.fe.unisma.ac.id
Lestari, P. A. (2020). Pelatihan Teknik Fotografi Menggunakan Smart Phone. Jurnal Lentera Widya, 1(2), 1–7.
Mujiastuti, R. (2019). Pkm Foto Produk Dan Upload Gambar Via Medsos Pada Ok Oce Kecamatan Cakung. September.
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA UMBUL PONGGOK, KABUPATEN KLATEN. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27.
Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). PELATIHAN FOTOGRAFI DASAR BAGI PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ) KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG. 02(02), 205–211.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rachmawati, R. Y., & Sholeh, M. (2019). Design and Analysis of Database Clustering System of Micro , Small and Medium Enterprises ( MSME ) in Bantul Regency Design and Analysis of Database Clustering System of Micro , Small and Medium Enterprises ( MSME ) in Bantul Regency. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1413(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1413/1/012028
Rahmawati, D., Sariwaty, Y., Octaviani, F., & Rahmayani, R. (2020). Pemanfaatan Fotografi Melalui Smartphone Untuk Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM. Jurnal Sosial & Abdimas, 2(1), 1–8.
Ranu, A. Y., & Setiasih, N. W. (2018). Pelatihan Fotografi Produk UKM Perajin Mosaik Kaca Tegallalang. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 69–75. https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/16
Rasyid, R. A., Moniharapon, S., Trang, I., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media, Kualitas Layanan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3933–3942. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21918
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Sholeh, M., Triyono, J., & Rachmawati, R. Y. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 158–164. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.965
Sholeh, M., Triyono, J., & Rachmawati, Y. (2019). BIMBINGAN TEKNIS PENGENALAN SISTEM INFORMASI UMKM BANTUL PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT KABUPATEN BANTUL. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JPKM, 9(2), 153–161.
Vidyasari, R., Rimenda, T., & Mirati, E. (2020). UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN ONLINE PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DI MASA PANDEMI. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 2(2), 31–39.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.