Pemberdayaan UMKM Tahu Goreng Kremes Di Br. Anyar-Kediri, Tabanan

Penulis

  • Tubagus Mahendra ITB STIKOM Bali
  • Putu Desiana Wulaning Ayu ITB STIKOM Bali
  • I Gusti Agung Vony Purnama ITB STIKOM Bali
  • Roy Rudolf Huizen ITB STIKOM Bali
  • Gede Angga Pradipta ITB STIKOM Bali
  • Made Liandana ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i2.3840

Kata Kunci:

pemberdayaan, UMKM, tahu

Abstrak

Tahu kaya akan protein, sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari. Rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau menjadikan tahu sebagai makanan favorit bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Kenaikan harga kedelai tidak menghalangi para pengusaha tahu untuk tetap berproduksi. Sama hal nya dengan alasan mitra yang memulai usaha kecil mandiri yang memproduksi tahu goreng berbagai rasa, bahwa harga bahan baku berupa tahu mudah diperoleh dan harganya masih terjangkau meskipun mengalami kenaikan. Mitra mengawali usahanya sejak Tahun 2020. Tahu goreng kremes produksi mitra diberi nama Tahu OPPA dengan mempekerjakan empat orang pegawai, mitra memerlukan media yang dapat memperkenalkan produk dan usahanya kepada lebih banyak orang. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran konsumen tentang keberadaan usaha mitra tersebut. Mitra sejak memulai usaha tahu goreng kremes memiliki kendala dalam hal pengetahuan dan keterampilan untuk membuat dan mengelola website dan kendala dalam strategi pemasaran digital untuk menarik perhatian pelanggan agar melakukan pembelian produknya. Kegiatan diawali dengan melakukan analisis situasi mitra, dilanjutkan dengan memberikan pendampingan kepada mitra dalam pembuatan website profil usaha. Kegiatan kedua dilanjutkan dengan memberikan pemahaman mengenai strategi pemasaran digital memanfaatkan media sosial untuk mendorong konsumen melakukan pembelian.

Referensi

Andi, K., Dharma, F., & Gamayuni, R. R. (2021). Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk dan Pemasaran Usaha Bubuk Biji Salak di Desa Sungai Langka, Kabupaten Pesawaran. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 1(4 SE-Articles). https://doi.org/10.35912/yumary.v1i4.71

Assauri, S. (2012). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grapindo.

Budiardjo, H., Angelo Kevin, M. B., Julianto, A., Aditya Nurbiyantoro, S., & Penulis, K. (2022). PERANCANGAN COMPANY PROFILE BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS LENTERA CONSULTANT IN LAW). Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi, Dan Bisnis, 27(1), 9–17.

Harini, N., Suhariyanto, D., Indriyani, I., Novaria, N., Santoso, A., & Yuniarti, E. (2023). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Perekonomian Desa. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 363–375. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2834

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing. Erlangga.

Rifa’i, M., & Hamidi. (2017). Efektivitas Promosi Online Dalam Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen. OPTIMA (Jurnal IIlmiah Bidang Agribisnis Dan Ekonomi, 1(2), 67–73.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku konsumen: konsep dan implementasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. In Jakarta: Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Perilaku_Konsumen/HdxDDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=persepsi+konsumen&printsec=frontcover

Unduhan

Diterbitkan

29-09-2024

Cara Mengutip

Mahendra, T., Ayu, P. D. W., Purnama, I. G. A. V., Huizen, R. R., Pradipta, G. A. ., & Liandana, M. (2024). Pemberdayaan UMKM Tahu Goreng Kremes Di Br. Anyar-Kediri, Tabanan. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 86–95. https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i2.3840

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 20 times