Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Daring di SD Saraswati 4 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1718Kata Kunci:
Pelatihan, Pendampingan, Media Daring, SD Saraswati 4 DenpasarAbstrak
Pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) SD Saraswati 4 Denpasar di Kelurahan Renon yang melibatkan 20 orang guru-guru kelas I sampai kelas VI SD Saraswati 4 Denpasar bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam aspek optimalisasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. Semua kegiatan ini telah dilaksanakan melalui metode pelatihan, simulasi yang berupa pelatihan dan pendampingan tentang penggunaan media dalam proses pembelajaran jarak jauh/ dalam jaringan (daring). Setelah melaksanakan pelatihan, dilaksanakan pendampingan simulasi aplikasi media daring dalam praktik pembelajaran. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru-guru mitra telah dapat menggunakan media daring dalam pembelajaran jarak jauh. Guru-guru tersebut telah mampu menerapkan media pembelajaran daring seperti Whatsapp (WA), Google Classroom, Google Meet, dan Zoom. Guru menunjukkan sikap antusias dalam menerima materi dalam program ini. Hal tersebut dapat diamati melalui beberapa indikator seperti tingkat kehadiran selama kegiatan, semangat dalam mengikuti pembelajaran, sikap dalam mempraktikkan, mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan dan merespon pertanyaan yang diajukan dengan baik. Hasil evaluasi pembelajaran menunjukkan guru-guru mitra yang sebelumnya tidak dapat menggunakan media daring dalam pembelajaran telah mampu menerapkan media pembelajaran daring seperti Whatsapp (WA), Google Classroom, Google Meet, dan Zoom.
Referensi
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses secara online dari https://kbbi.web.id/media, pada tanggal 23 Agustus 2022.
Batubara, Hamdan H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Empy Effendi, Hartono Zuang.(2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
Hakim, A.B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. ISTATEMENT: Information System and Technology Management (e-Journal), 2(1).
Hamalik.O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara Sanjaya.
Herry Heriawan, Asep. (2003). Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Universitas Terbuka
Muhammad, S. (2014). Efektivitas Pembelajaran Media ELearning Berbasis Web Dan Konvensional Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bina Darma Palembang). SNASTIKOM 2014 (1).
Sanjaya.W (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada.
Sahirman, T.O.F. (2021). KKN Tematik UPI 2021: Google Meet sebagai Salah Satu Media Pembelajaran di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19. Diakses secara online dari https://www.kompasiana.com/, pada tanggal 23 Agustus 2022.
Setiawati, Gusti Ayu Dewi, and Ni Wayan Ekayanti. 2020. Potret Pembelajaran Menggunakan Whatsapp, Google Classroom Dan Youtube Di Masa Pandemi Covid-19. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Wikipedia. (2022). Google Classroom. Diakses secara online dari https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Classroom#:~:text=Google%20Kelas%20(bahasa%20Inggris%3A%20Google,tugas%20tanpa%20harus%20bertatap%20muka, pada tanggal 23 Agustus 2022.
Wikipedia. (2022). Google Meet. Diakses secara online dari https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Meet ., pada tanggal 23 Agustus 2022.
Wikipedia. (2022). Whatsapp. Diakses secara online dari https://id.wikipedia.org/wiki/WhatsApp, pada tanggal 23 Agustus 2022.
Wikipedia. (2022). Zoom. Diakses secara online dari https://id.wikipedia.org/wiki/Zoom, pada tanggal 23 Agustus 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.