Education for Clean and Healthy Lifestyle (PHBS) at Budi Utama Kerobokan Junior High School
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1697Kata Kunci:
Face-to-face Learning, Covid-19 health protocol, PHBS educational activitiesAbstrak
Pandemi covid-19 berdampak pada sektor pendidikan di Indonesia, sejak bulan maret tahun 2019 pendidikan disemua jenjang dilaksanakan secara online atau pembelajaran jarak jauh. Berbagai permasalahan muncul selama berlangsungnya proses pembelajaran jarak jauh, sehingga pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri mengenai penyelenggaraan pembelajaran tatap muka, pemerintah pusat telah memberi wewenang kepada pemerintah daerah untuk perizinan pembelajaran tatap muka di tahun 2021. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali melaksanakan kegiatan edukasi PHBS sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan SMP Budi Utama Kerobokan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan, pembagian brosur informasi, mengenai PHBS dan upaya pencengahan Covid-19, serta pelatihan dan pendampingan PHBS di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh data hasil kuisioner kepada 65 responden yang terdiri dari peserta didik, guru, dan warga sekolah sebanyak 100% sudah menaati protokol kesehatan di lingkungan sekolah dan 95,4% sudah menerapkan gerakan PHBS di sekolah (Gambar 4). Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dan masyarakat sekitar dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah, menaati protokol kesehatan yang berlaku, serta menciptakan budaya di lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
Referensi
Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395-402.
Kementerian Kesehatan. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor: 2269/MENKES/PER/XI/2011 Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pemerintah Daerah Diberikan Kewenangan Penuh Tentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka [online]. Diunduh dari: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/11/pemerintah-daerah-diberikan-kewenangan-penuh-tentukan-izin-pembelajaran-tatap-muka. Diakses pada 18 April 2022.
Kementerian Kesehatan RI. (2021). 5 M Di Masa Pandemi Covid 19 di Indonesia [online]. Diunduh dari: http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2021/02/01/46/5-m-dimasa-pandemi-covid-19-diindonesia.html. Diakses pada 20 April 2022.
Muhamad, Simela Victor. (2021). Pandemi Covid-19 Sebagai Persoalan Serius Banyak Negara di Dunia. Info Singkat, 13 (13), 7-12.
Prawiyogi, Anggy Giri., dkk. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauhterhadappembelajaran Peserta didik di Sdit Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 94-101.
Siahaan, Matdio. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Edisi Khusus (1),1 – 3.
World Health Organization. (2020). Naming the coronavirus disease (COVID-19) and the virus that causes it [Internet]. Available from: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/technical-guidance/naming-the-coronavirus-disease-(covid-2019)-and-the-virus-that-causes-it [cited 2021 April 29].
Yeliany, Anggun dan Roesminingsih, Erny. (2021). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09 (04), 873-886.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.