Kegiatan Bermain Seni Rupa Berbasis Konsep Tri Pramana Di Tk Bali Kumara Desa Batubulan
DOI:
https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i2.3617Kata Kunci:
Kata Kunci: Bermain Seni Rupa, Tri PramanaAbstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman melalui kegiatan bermain seni rupa berbasis konsep Tri Pramana di TK Bali Kumara Desa Batubulan. Konsep Tri Pramana terdiri dari Pratyaksha Pramana (pengamatan langsung), Anumana Pramana (pemikiran atau penalaran), dan Agama Pramana (pengalaman diterima dari ajaran yang diwariskan), sebagai kerangka kerja untuk merancang dan menyajikan kegiatan seni rupa yang menarik bagi anak usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah dan demontrasi, meliputi penyampaian materi mengenai konsep kegiatan bermain seni rupa dalam bentuk sikap persembahyangan, pelaksanaan kegiatan berupa percontohan oleh tim pengabdian dan praktik langsung berbahan alam. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara guru, dan analisis dokumentasi karya seni yang dihasilkan oleh anak. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan bermain seni rupa berbasis konsep Tri Pramana memberikan pengalaman bermakna bagi anak, seperti belajar mengamati dan mengekspresikan diri melalui seni, serta mengembangkan keterampilan pemikiran kritis dan apresiasi terhadap seni. Implementasi konsep Tri Pramana dalam kegiatan bermain seni rupa di TK Bali Kumara Desa Batubulan dapat menjadi model yang efektif untuk meningkatkan pemahaman seni rupa dan pengembangan pemikiran kritis pada anak usia dini.
Referensi
Henny Nurhaeny, dkk. (2022). Kreativitas Seni Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Menggambar Pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Andika Cilegon-Banten. Jurnal Children Advisory, Vol 9, No 2.
Henny, dkk. (2023). Stimulasi Perkembangan Aspek Seni Anak Usia Dini. GENERASI EMAS. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Volume 6 Nomor 1, Februari 2023. P-ISSN: 2615-4560 E-ISSN: 2620-5270.
Hidayati, Helma. (2022). Belajar dan Pembelajaran dalam Metode Ceramah. Prodi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Mangkurat, Banjarmasin. https://osf.io/preprints/thesiscommons/hnfys/ (diakses pada tanggal, 24 Mei 2024, Waktu 18.00 WITA)
Magdalena, Rotua. (2021). Hidup, Seni dan Teks. Jurnal Desain: Kajian Bidang Penelitian Desain. Vol.1.No1, Maret 2021. (45-46).
Rofiko Sari & Basuki Hadi Prayoga. (2019). Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Wirolegi Sumbersari Kabupaten Jember. Journal of Early Childhood and Inclusive Education. Volume , Nomor 2, ISSN: 2614-4387 (print), 2599-2759 (online).
Silfia Novita Rizki, Usep Kustiawan, Suryadi. (2020). Peningkatan Rock Painting terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak di RA Darul Fikri. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. JGA, Vol. 5 (3), September 2020 (91-100)
Siti Labiba Kusna1, Endang Puspitasari. (2022). Penggunaan Media Batu Berwarna Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 34 Tahun. Hal (37-44) P-ISSN: 2797-8974 E-ISSN: 2797-8648.
Syah Sinaga, Fajry Sub’haan, dkk. (2021). Pendidikan, Seni, dan Budaya: Entitas Lokal dalam Beradaban Manusia Masa Kini. Virtuso: Jurnal Pengkajiaan dan Penciptaan Musik, Vol.4. No .2, November 2021. Hlm. 105.
Suryawan I Gde, Suyasa Ariputra I Putu & Putra Sindu. (2022). Manfaat Pembelajaran Finger Painting Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. hal. 26-37.
Etnawati1, Susanti., Pamungkas, Joko. (2022). Penggunaan Media Lukis dalam Pembelajaran Seni untuk Mengembangkan Multiple Intelegensi Anak. Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 Issue 6 (2022) Pages 5960-5969. ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print).
Telaumbanua, Kiraniawati & Berkati Bu’ulolo. (2024). Manfaat Seni Rupa dalam Merangsang Kreativitas Anak Usia Dini. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.2No.1, Tahun 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.