Pendampingan Praktik Pendidikan Keagamaan pada SMA Negeri 8 Denpasar

Penulis

  • I Putu Agus Aryatnaya Giri UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Nyoman Alit Supandi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Komang Sutriyanti UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Wayan Sri Prabawati Kusuma Dewi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Sukma Muniksu UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1472

Kata Kunci:

Praktik, Pendidikan Keagamaan

Abstrak

Untuk mengantisipasi segala bentuk implikasi negatif dari Postmodernisme di kalangan pemuda Hindu, Prodi Pendidikan Agama Hindu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar mengakselerasikan program pengabdian masyarakat berbasis program studi yang mengusung tema “Pendampingan Praktik Pendidikan Keagamaan di SMA Negeri 8 Denpasar”, yang memfokuskan pada kegiatan praktek Yoga, Upakara, dan Dharma Gita. Yoga yang dipraktekkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Negeri 8 Denpasar yakni Yoga Surya Namaskara. Surya Namaskara adalah seperangkat 12 postur dalam asana yoga. Yoga Surya Namaskara adalah memuja Dewa matahari sebagai satu-satunya pemberi kehidupan di alam semesta ini. Praktek upakara yang fokus dalam pembuatan banten Pejati dan Kelatkat. Mulai dari penyediaan sarana prasarana yang berkualitas sampai dengan mekanisme pembuatan yang berpedoman pada tattwa dan susila. Dharma Gita yang dipraktekkan dalam kegiatan Pengabdian masyarakat di SMA Negeri 8 Denpasar mengkhusus pada Kidung Dewa Yadnya. Dengan waktu yang sangat singkat dan tentunya karena minat, bakat, dan potensi siswa yang berbeda-beda terkait dengan Dharma Gita tersebut maka difokuskan pada Kidung Dewa Yadnya yang paling sering dinyanyikan ketika melaksanakan upacara Dewa Yadnya seperti persembahyangan maupun Piodalan/Pujawali di Pura.

Referensi

Atmadja, Nengah Bawa, dkk. 2017. Bali Pulau Banten Perspektif Sosiologi Komodifikasi Agama. Denpasar: Pustaka Larasan.

Donder, I Ketut. 2007. Kosmologi Hindu. Surabaya: Paramita.

Dwiyana, I Made Ngurah. 2020. Artikel “Implementasi Pembelajaran Dharma Gita Dalam Membangun Karakter Siswa Sd Negeri 5 Tulamben”. Jurnal Dharmasmrti, Volume 20 Nomor 2, Hal 135-153.

Rudiarta, I Wayan. 2021. Artikel “Yoga Sebagai Upaya Mencapai Kesehatan Mental (Kajian Yoga Sutra Patanjali)”. Jurnal Genta Hredaya, Volume 5 No 1 April 2021, Hal. 57-66.

Sarasvati, S. (2002). Asanas, Pranayama, Mudra dan Bandha. Surabaya : Paramita.

Sari, Ida Ayu Putu. 2021. Artikel “Klatkat Sebagai Sarana Upakara/Upacara Yadnya. Jurnal Widyanatya, Volume 3 Nomor 1, Hal 77-82.

Somvir. 2009. Yoga dan Ayurveda. Denpasar: Bali-India Foundation.

Warjana, I Nyoman. 1997. Modul Dharma Gita. Jakarta: Dirjen Bimas Hindu-Buddha.

Wiana, I Ketut. 2004. Mengapa Bali Disebut Bali?. Surabaya: Paramita.

Yuliandari, Ni Putu Silvia. 2022. Artikel “Pendidikan Yoga Asana Sebagai Aktivitas Remaja Hindu Dalam Meningkatan Kualitas Diri”. Jurnal Metta, Volume 2 Nomor 1, hal 27-35.

https://disbud.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/80_arti-dan-makna-banten-pejati

https://www.finessyoga.com/lifestyle/a-step-by-step-guide-to-flow-through-surya-namaskar

Unduhan

Diterbitkan

02-09-2022

Cara Mengutip

Giri, I. P. A. A., I Nyoman Alit Supandi, Ni Komang Sutriyanti, Ni Wayan Sri Prabawati Kusuma Dewi, & I Made Sukma Muniksu. (2022). Pendampingan Praktik Pendidikan Keagamaan pada SMA Negeri 8 Denpasar. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 106–114. https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1472

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 138 times