Setrategi Guru Dalam Internalisasi Budaya Sadar Lingkungan Di SD Negeri 4 Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli
Setrategi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.25078/sa.v6i02.5654Abstrak
Melalui proses pendidikan yang dilakukan oleh Guru di sekolah diharapkan mampu menggugah kesadaran siswa secara laihir dan batin. Seperti yang dilakukan oleh lembaga pendidikan di SD Negeri 4 Kawan. Salah satu program yang sangat menarik untuk diperhatikan di sekolah dasar tersebut adalah program perduli lingkungan atau sadar lingkungan. Program ini dibuat bertujuan agar peserta didik memiliki perhatian yang seksama pada lingkungan sekitarnya. Penulisan jurnal ini menempuh beberapa metode diantaranya metode pengumpulan data yang melalui prosedur observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Metede analisis data dalam hal ini menerapkan tehnik reduksi, klasifikasi, interpretasi, dan menarik kesimpulan data. Setrategi guru dalam internalisasi budaya sadar lingkungan di SD Negeri 4 Kawan yakni menggunakan tiga bentuk strategi utama yang meliputi Problem Based Instruction, Jigsaw Learning, dan Outdoor Study. Problem Based Instruction merupakan pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengembangkan pengetahuan baru bagi peserta didik melalui kerja kelompok yang membutuhkan penyelesaian nyata sehingga membuat siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Jigsaw Lerning dirancang untuk menciptakan dan menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa pada suatu mata pelajaran yang ditugaskannya berupa model pembelajaran yang bertujuan agar siswa bisa saling bergantung satu sama lain untuk meraih tujuan atau keberhasilan bersama. Serta Outdoor study merupakan upaya untuk mengarahkan siswa untuk melakukan aktivitas yang dapat membawa mereka mengamati lingkungan sekitar, sesuai dengan materi yang diajarkan dan merupakan bentuk pendidikan di luar kelas yang lebih mengacu pada pengalaman dan pendidikan lingkungan.
Kata Kunci: Setrategi Guru, Internalisasi Budaya, Sadar Lingkungan
Referensi
Atmojo, Satrio. 2020. “Pengembangan Model Pembelajaran Modifikasi Jigsaw Dengan Permainan
Narasumber Dan Reporter Pada Tema 7 Sub Tema 1 Kelas IV Sekolah Dasar.” Paper Knowledge .Toward a Media History of Documents (20):1–13.
Azwar, Saifuddin. (2012) Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fitriah Hayati. (2016). Peningkatan Kreativitas Bermain Musik Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Meggunakan Barang Bekas. Vol.1. No.1.
Grathoff, Richard. 2000. Teori Aksi Sosial. Jakarta: Kencana.
Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Karwono. 2020. Setrategi Pembelajaran Dalam Profesi Keguruan. Jawa Barat: Rajawali Pers
Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat Paradigma bagi Pengembangan Penelitian Interdisipliner Bidang Filsafat, Budaya, Sosial, semiotika, Sastra, Hukum, dan Seni. Yogyakarta: Paradigma.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Cet-28. Bandung: Rosdakarya.
Notonegoro. 2015. Teori Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Pasya, G.K. (2020). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS) No. 16 Media Komunikasi Antar FPIPS-UPI, FKIP Universitas/STKIP se Indonesia.
Ratna. Nyoman Kutha. 2016. Metodologi Penelitian : Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Jakarta: Rinekacipta.
Rusman. 2017. Model Dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rosyid. Moh Zaiful. 2019. Outdor Lerning. Malang: Literasi Nusantara.
Sanjaya, Wina. 2009. Setrategi Pembelajaran Berorientasi Setandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Cetakan Ketujuh Jakarta: Bumi Aksara.
Suyomukti, Nurani. 2013. Teori-Teori Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugianto. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sumantri, Mohamad Yusuf. 2016. Setrategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Pers.
Sejati. Andri Estining. 2024. Metode Outdor Study. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Tim Dosen FIP-IKIP Malang 1980. Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan. Surabaya: Usaha Cipta
Uno, Hamzah B. 2018. Teori Motivassi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan: Jakarta: Bumi Aksara.
Wendra, I Wayan. 2009. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Undiks: Singaraja.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.







