PERAN GURU DALAM UPAYA MEMBANGUN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Fathurrahman Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v4i1.3236

Kata Kunci:

Keywords: Teacher's Role, Communication Skills, Covid-19 Pandemic

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah mengubah lanskap pendidikan di seluruh dunia, memaksa pendidikan beralih ke metode pembelajaran jarak jauh. Dalam situasi ini, guru memegang peran yang sangat penting dalam membangun keterampilan komunikasi peserta didik. Keterampilan komunikasi yang efektif menjadi kunci utama dalam memastikan peserta didik tetap terhubung dan berhasil dalam pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali dan menganalisis informasi yang relevan mengenai peran guru dalam upaya membangun keterampilan komunikasi peserta didik pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, yang melibatkan pengumpulan dan analisis dokumen, jurnal, artikel ilmiah, dan sumber-sumber lain yang terkait dengan topik tersebut. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif lebih mendalam tentang peranan guru dalam situasi pengajaran jarak jauh sepanjang pandemik Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam mengembangkan keterampilan komunikasi peserta didik selama pembelajaran daring. Guru dapat menggunakan berbagai strategi dan pendekatan yang efektif, seperti pendekatan yang aktif dan responsif, penggunaan multimedia dan alat komunikasi digital, metode kolaboratif, dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Guru juga berperan sebagai model peran yang baik dalam komunikasi, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung. Implikasi penelitian ini menyarankan perlunya dukungan yang kontinu, pelatihan yang tepat, dan peningkatan keterampilan komunikasi guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan dan panduan praktis bagi guru, lembaga pendidikan, dan para pemangku kepentingan dalam meningkatkan pembelajaran komunikasi peserta didik dalam era pembelajaran jarak jauh yang sedang berlangsung.

Referensi

Barida, M., & Widyastuti, D. A. (2019). Pentingnya Keterampilan Komunikasi Guru terhadap Siswa Yang Tergolong Special Need Children. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v3i2.440

Endawan, A. D., & Yati, D. D. (2021). Analisis Komunikasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Daring (E-Learning). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1407–1420.

Fahrijal, A., & Al-Nur, W. R. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VA di MI Chairiyah Mansuriyah Jakarta Barat. Mozaic: Islam Nusantara, 9(1), 44–54.

Fathurrahman, F., Yafi, R. A., Yuliantri, R. D. A., & Setiawan, R. (2022). Analisis Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 2(2). https://doi.org/10.20527/pakis.v2i2.6539

Ginting, D., Fitri, D. I., Mulyani, Y. S., Ismiyani, N., & Sabudu, D. (2021). Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Melalui Platform Digital Teori dan Praktik Pengoperasian. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Hendri, H., & Nurlaili, L. (2023). Eksistensi Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Disiplin Belajar Peserta Didik di SMA Mancengan Darussalam, Modung, Bangkalan. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 77–85. https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.44064

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696

Mesra, R. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Nurhalidah, N., & Briandana, R. (2022). Konstruksi Sosial Teknologi dalam Pembelajaran Virtual di Kota Tangerang. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(1), 11–24. https://doi.org/10.32509/wacana.v21i1.1655

Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. Koneksi, 3(2), 453–462. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703–712.

Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Ibu Yang Bekerja: Sebuah Studi Literatur. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 127–136. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.4

Rahayu, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Rimba Melintang Pada Materi Relasi dan Fungsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Rochgiyanti, R., Fathurrahman, F., Safitri, M., Yuliantri, R. D. A., & Pangabdi, A. P. T. (2023). Online Learning Design to Implement Student Communication Skills. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1285–1290.

Seminar, A. U., & Sarwoprasodjo, S. (2023). Perspektif Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh: Membangun Kehadiran Pengajar dan Kehadiran Sosial. Jurnal Penyuluhan, 19(01), 34–49. https://doi.org/10.25015/19202343302

Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Suwangsih, A., Rohman, C., & Farida, I. (2021). Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Raudlatul Athfal. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 1–5. https://doi.org/10.51529/ijiece.v5i2.191

Syarifuddin, M., Wijoyo, S. H., & Wardhono, W. S. (2021). Pengaruh Online Learning Experience dan Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMKN 2 Malang Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 94–105. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1909

Tarihoran, N. M., & Cendana, W. (2020). Upaya Guru dalam Adaptasi Manajemen Kelas untuk Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Perseda (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 3(3), 134–140. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v3i3.1010

Wibowo, H. S. (2023). Ice Breaker dan Pembelajaran. Semarang.

Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.54082/jupin.39

Zekri, Z., Ganefri, G., & Anwar, M. (2020). Pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital smk. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 33–42.

Unduhan

Diterbitkan

01.05.2023

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 76 times