FILSAFAT NILAI MORAL DILIHAT DARI SUDUT PANDANG FILSAFAT, SOSIOLOGI, TEOLOGI DAN ANTROPOLOGI

Penulis

  • Kadek Aria Prima Dewi PF Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Komang Dian Adi Purwadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v4i2.3268

Kata Kunci:

Filsafat Nilai Moral; Sosiologi; Teologi; Antropologi

Abstrak

Moralitas merupakan seperangkat aturan, yang merancang bagaimana hendaknya orang saling memperlakukan satu sama lain, jelaslah yang menjadi pelaku moral adalah manusia yang akan menjalani kehidupannnya, sehingga moral harus dipandang secara holistik dari berbagai sudut pandang. Supaya pemahaman dan pegamalan kita mengenai moral dapat holistik dan teraplikasikan dengan baik maka nilai-nilai moral perlu dikaji dari sudut pandang filsafat, sosiologi, teologi dan antropologi yang semuanya itu dimaksudakan untuk memberikan kemudahan kepada manusia sebagai pelaku utama moral dan didalam melaksanakan nilai-nilai moral itu dipandang dari berbagai sumber yaitu filsafat, sosioogi, teologi dan antropologi karena kesemuanya itu pada hakikatnya melihat manusia dari sudut ke ilmuan yang berbeda tetapi hakikatnya objeknya sama yaitu manusia. Manusia memang mahluk yang sangat unik dan memiliki perbedaan antara satu dan yang lainnya dalam menjalani kehidupan ini, maka sudah selayaknya dilihat dari berbagai disiplin keilmuan supaya lebih mengenal karakter manusia dalam berinteraksi dengan yang lainnya, yang didalam interaksi itu terjadi hubungan yang semuanya itu terdapat nilai-nilai moral dalam segala tindakanya.

Referensi

Budiningsih, Asri. 2008. Pembelajaran Moral, Jakarta : Pt. Rineka Cipta

Chazan, B.I., Soltis, J.F. 1975. Moral Educatioan. New York : Teachers College Press

Cheppy, HC. 1988. Pendidikan Moral dalam Beberapa Pendekatan, Jakarta : Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan

Cheppy Haricahyono, IKIP Semarang PRESS : 1995 Dimensi-dimensi pendidikan moral

Darmadi, Hamid. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral, Landasan Konsep Dasar dan Implementasi, Bandung : Alfabeta.

Darajat, Zakiah. 1971. Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia, Jakarta : Bulan Bintang

Fedyani, Achamad. 2006. Antropologi Kontemporer, Jakarta : Kencana

Koentjaraningrat. Masalah-masalah pembangungan bunga rampai antropologi terapan. Karangan Penerbit LP3ES. Jakarta.

___________ 1980. Sejarah Teori Antropologi, Jakarta : Universitas Indonesia

Sauri, Sofyan. 2006. Pendidikan Berbahasa Santun, Bandung : Pt Genesindo

___________ 2012. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Bandung : Rizqi Press

Suriasumantri, Jujun. 1998. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Suseno, Franz Magnis. 1989. Etika Dasar “ Masalah-Masalah Fokok Filsafat Moral”, Yogyakarta : Kanisius.

Suseno, Franz Magnis. 1989. Etika Dasar “ Masalah-Masalah Fokok Filsafat Moral”, Yogyakarta : Kanisius.

Sauri, Sofyan. 2006. Pendidikan Berbahasa Santun, Bandung : Pt Genesindo

Tafsir, Ahmad. 2002. Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zuhairini, dkk . 1994. Filsafat pendidikan Islam, Jakarta : PT Bumi Akara

Unduhan

Diterbitkan

28.11.2023

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 125 times