PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAKNAI AJARAN TRI HITA KARANA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK SISWA KELAS VII SMPN 5 MENTAYA HULU

Penulis

  • Ni Putu Widya Larashati Gunamanta SMP NEGERI 5 MENTAYA HULU

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v4i2.3262

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif SAL

Abstrak

“Peningkatan Hasil Belajar Materi Memaknai ajaran Tri Hita Karana dengan  Menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa KelasVII SMPN 5 Mentaya Hulu”.” Tujuan Penelitian ini adalah untuk “Peningkatan Hasil Belajar Materi Memaknai ajaran Tri Hita Karana dengan  Menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa Kelas VII SMPN 5 Mentaya Hulu”.” Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari:Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Saintifik dapat“Peningkatan Hasil Belajar Materi Memaknai ajaran Tri Hita Karana dengan  Menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa KelasVII SMPN 5 Mentaya Hulu”.” Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang samadapat menerapkan Pembelajaran Saintifik untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal makadihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Saintifik yang lebih menarik dan bervariasi.

Referensi

Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

--------------.2005. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.Jakarta: Depdiknas

-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.

Kemdiknas.2011.Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdiknas

-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.Jakarta: Kemdiknas

Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Ngalim, Purwanto. 2003. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Saputra, LS. Dkk. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewargaannegaraan. Klaten: Intan Pariwara

Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Suyatno. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL. Surakarta: Tiga Serangkai

Unduhan

Diterbitkan

28.11.2023

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 36 times