PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA SISWA SMA NEGERI 1 DENPASAR

Penulis

  • I Kadek Sumada SMA Negeri 1 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/sa.v4i2.3266

Kata Kunci:

Team Assisted Individualization (TAI), Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu

Abstrak

Proses interaksi dalam keberhasilan siswa untuk mencapai prestasi yang diinginkan antara komponen pengajaran sangat penting dalam berjalannya suatu pendidikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan pengamatan pada SMA Negeri 1 Denpasar dapat ditemukan kondisi lingkungan yang kurang kondusif, karena letak SMA tersebut berdekatan dengan jalan dan di pusat kota. Dari situasi dan kondisi seperti ini mempengaruhi proses belajar mengajar yang sedang berlangsung, seperti kebisingan dan banyaknya kendaraan yang berlalu lalang, sehingga perhatian siswa dapat terganggu.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Denpasar pada siswa dengan subyek pada penelitian ini adalah siswa beragama Hindu. Berdasarkan analisis data pada refleksi awal yang masih menunjukan hasil belajar siswa yang masih kurang, maka dilaksanakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah apabila dalam pembelajaran digunakan model TAI maka diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model TAI dapat meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Hindu siswa SMA Negeri 1 Denpasar, hal itu ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal/pra dan setelah penerapan model TAI dalam proses pembelajaran.

Referensi

Anita Lie. 2005. Pembelajaran Kooperatif Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharmi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Putra.

Enjah, Takari R, 2008. Penelitian Tindakan Kelas pada Kegiatan Pengembangan Profesi Guru IPA SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Bandung: PT Gasindo.

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press

Punyatmadja, IB Oka, 1992. Silakrama. Denpasar: Upada Sastra.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyitno. 2002. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Unduhan

Diterbitkan

28.11.2023

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 57 times